detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:36 WIB

Stadion GBLA Rusak, Pemkot Bandung Terkendala Serah Terima Aset

Mochamad Solehudin - detikNews
Stadion GBLA Rusak, Pemkot Bandung Terkendala Serah Terima Aset Stadion GBLA (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Kondisi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) rusak terbengkalai. Pengelolaan stadion tersebut dengan menggandeng pihak ketiga terkendala serah terima aset dari PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung. Sebab hingga kini masih ada bagian aset yang belum diserahkan.

Sekadar diketahui, pembangunan Stadion GBLA ini terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama meliputi bagian inti stadion, tahap dua meliputi bagian kursi penonton dan beberapa fasilitas pendukung lainnya serta tahap tiga area parkir.


Dari tiga tahap pembangunan tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial menjelaskan ada bagian yang belum diserahterimakan oleh PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung. Hal itu tentu menghambat proses kerja sama pengelolaan Stadion GBLA dengan pihak ketiga.

"Dari tiga tahap ada belum diserahterimakan pada kami dari Adhi Karya. Saya minta pak wakil dan pak Zul (Kepala Distaru) untuk secepatnya menghubungi, komunikasi dengan pihak Adhi Karya," ucap Oded di Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

Fasilitas toilet di Stadion GBLA terbengkalai dan rusak.Fasilitas toilet di Stadion GBLA terbengkalai dan rusak. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Setelah itu, dia menambahkan, pihaknya akan memikirkan pola pengelolaan stadion yang dibangun dengan anggaran Rp 545 miliar itu. Pihaknya belum memastikan apakah nanti dikelola sendiri atau kerja sama dengan pihak ketiga.

"Sedang dikaji apa dikelola sendiri atau kerja sama (dengan pihak ketiga)," kata Oded.


Sementara itu, Wakil Walikota Yana Mulyana menjelaskan, berdasarkan temuan BPK terdapat aset yang belum diserahterimakan senilai Rp4,7 miliar. Aset tersebut terdapat pada pembangunan tahap ke dua. Hal itu tentu menyebabkan kendala dalam rencana pengelolaan yang akan dilakukan.

"Tahap satu itu bagian utama, kedua itu kursi dan bangunan lantai. Tahap tiga bagian luar. Jadi tahap kedua itu menggantung (karena belum diserahkan) ada kursi ada VIP dan lantai tiga bangunan," ucap Yana.

Setelah semua itu selesai pihaknya baru bisa melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait pengelolaan. "Apakah kita akan kelola sendiri dengan menganggarkan tahun 2020, atau nanti kita kerja sama (pihak ketiga)," ujar Yana.

Simak Video "Pemkot Bandung Akan Segera Buka Taman Tegalega"
[Gambas:Video 20detik]

(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com