detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 14:06 WIB

Suhu Bandung akan Mulai Menghangat pada Agustus

Yudha Maulana - detikNews
Suhu Bandung akan Mulai Menghangat pada Agustus Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Angin musoon dari Australia berdampak pada menurunnya suhu udara di wilayah Bandung Raya pada sepekan terakhir. Diprediksi suhu akan kembali naik di antara Agustus akhir - September awal.

"Agustus dan September nanti akan naik kembali suhunya karena peralihan pola angin, tetapi memang untuk musim kemarau sampai Oktober dinamikanya (suhunya)," ujar prakirawan cuaca Badan Meteorologi dan Geofisika Bandung, M Iid Mutjahiddin saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Seperti diketahui, suhu dingin yang melanda beberapa wilayah di Jawa Barat disebabkan oleh angin dingin yang bertiup dari Benua Australia. Menurutnya menurunnya suhu ini merupakan fenomena yang wajar terjadi.

"Sebetulnya memang wajar pada musim kemarau suhu lebih dingin. Informasi (suhu) di Lembang mencapai 13 derajat celcius, di Kota Bandung masih agak hangat 17 derajat celcius," katanya.

Dari data histori BMKG, ujar Iid, suhu di Kota Bandung pernah mencapai titik 11,2 derajat celcius pada Agustus 1987 lalu. "Suhu dingin ini fluktuatif tergantung dari angin di Australia," ujarnya.

Iid mengakui, saat ini pihaknya belum memiliki data wilayah mana yang suhunya paling dingin. Namun ia memastikan suhu udara berkurang 0,6 derajat celcius setiap ketinggian naik 100 meter.

"Posisi di UPT lain kemungkinan masih sama dengan Lembang, kalau di wilayah pegunungan mungkin udaranya bisa lebih dingin lagi," ujarnya.



Simak Video "Sudah Sepekan, Perkebunan Teh di Bandung Berembun Es "
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed