detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 13:07 WIB

Aria Bocah Obesitas Karawang Jalani Bedah Plastik di RSHS

Mochamad Solehudin - detikNews
Aria Bocah Obesitas Karawang Jalani Bedah Plastik di RSHS Aria Permana bocah obesitas asal Karawang jalani proses bedah plastik di RS Hasan Sadikin Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung -
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) akan melakukan operasi bedah plastik terhadap Aria Permana (13), bocah obesitas asal Kabupaten Karawang. Operasi dilakukan untuk menghilangkan kulit berlebih sisa lemak di tubuhnya.

Rabu (17/7/2019) pagi, Aria ditemani kedua orang tuanya juga kembali mendatangi RSHS. Aria terlihat segar dan mampu berjalan dengan baik. Badannya yang dulu mencapai berat 192 Kg kini telah berhasil turun seberat 87 Kg.


Tim dokter RSHS saat ini tengah menyiapkan proses operasi tersebut. Sebelum itu, sejumlah tahapan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan Aria. Salah seorang tim dokter, Tisnasari Hafsah menuturkan, sebelum melakukan tindakan operasi pihaknya harus memastikan kondisi kesehatan Aria. Hal itu penting agar pelaksanaan operasi bisa berjalan dengan baik.

"Saat ini untuk persiapan operasi. Jadi menyiapkan kondisi fisiknya. Apakah ada masalah (kesehatan) sebelum operasi. Kalau ada masalah kita harus atasi sebelumnya," ucpanya saat ditemui di RSHS, Kota Bandung.

Sejauh ini, kata dia, kondisi kesehatan Aria dalam keadaan baik. Hanya saja dia meminta agar Aria bisa tetap menjaga pola makannya. Hal itu penting supaya kondisi kesehatan Aria bisa tetap prima.

"Saat ini bagus sekali, Aria sehat alhamdulillah. Hanya jangan makan makanan yang bikin masalah misalnya bikin sakit perut tentu mengganggu persiapannya. Makanan harus bergizi," katanya.


Bila semua telah siap, proses operasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini. "Ini H-2 nanti kira-kira minggu-minggu depan, nanti dipastikan waktunya," ucapnya.

Dia juga sedikit menyinggung soal rencana bedah plastik yang akan dilakukan. Intinya, kata dia, menghilangkan bagian kulit yang berlebih. Seperti bagian kulit lengan, perut, dada dan bagian lainnya. "Keseluruhan (kulit) yang berlebih. Itu bertahap tidak bisa sekaligus," ucapnya.

Aria Bocah Obesitas Karawang Jalani Bedah Plastik di RSHSFoto: Frieda Isyana Putri/detikHealth
Tim dokter lainnya Viramitha Kusnandi menambahkan, pada dasarnya kondisi Aria saat ini dalam keadaan baik. Dia hanya menyarankan supaya Aria tetap menjaga asupan makanan yang bergizi.

"Pada prinsipnya menjaga hal-hal yang tidak menghambat operasi. Jaga kesehatan," ucapnya.

Pihaknya juga saat ini tidak menyiapkan menu makanan khusus. Pasalnya, Aria sudah faham dan mengetahui pola makan yang baik baginya. "Saat ini tidak ada menu khusus. Karena Arya sudah tahu sendiri," ujarnya.


Turun 95 Kg, Ini Penampilan Aria Permana Sekarang:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Bocah Aria Dioperasi: Dulu Bobotnya Nyaris 2 Kuintal, Kini 87 Kg"
[Gambas:Video 20detik]

(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com