detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 20:51 WIB

1 Bocah SD Tewas di Insiden Bus Rombongan Haji Sukabumi Tabrak Pagar

Syahdan Alamsyah - detikNews
1 Bocah SD Tewas di Insiden Bus Rombongan Haji Sukabumi Tabrak Pagar Kepanikan saat terjadi kecelakaan di acara pelepasan jemaah haji Kota Sukabumi. (Foto: Istimewa)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Sukabumi - Satu orang korban insiden bus rombongan haji Kota Sukabumi, Jawa Barat, tewas. Korban yang masih berusia 12 tahun tewas tergencet pagar saat bus terakhir keluar dari Gedung Juang tempat berlangsungnya acara pelepasan jemaah haji.

Korban diketahui bernama Hani Shafiy (12) warga Kecamatan Baros. Saat kejadian korban masih mengenakan seragam Sekolah Dasar (SD).

"Seluruh korban lima orang, tiga dewasa dan dua lainnya anak-anak. Yang meninggal dunia berusia sekitar 12 tahun, dia tergencet pintu pagar depan," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di RSUD R Syamsudin SH, Selasa (16/7/2019).


Untuk korban lainnya Fahmi menjelaskan saat ini masih dalam penanganan medis karena mengalami patah tulang. "Empat lainnya terkena benturan pagar dan runtuhan tembok. Mereka patah tulang, dan kami pastikan mendapat penanganan medis di rumah sakit," kata Fahmi.

Humas RSUD R Syamsudin Wahyu Handriana menyebut korban meninggal dunia mengalami luka di bagian kepalanya. "Korban meninggal dunia karena mengalami cedera kepala berat hingga berujung kematian, sisanya luka-luka ringan dan luka patah tulang terbuka," kata Wahyu.

Empat korban saat ini masih mendapat penanganan medis. Satu korban anak kecil berusia tiga tahun mengalami patah tulang pada tangan.

"Satu anak berusia 3 tahun masih kita tangani intensif, tiga lainnya luka pada kaki. Keempatnya saat ini dalam keadaan sadar, kondisinya bagus, Insyaallah," ucap Wahyu.


Di tempat yang sama Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo memastikan pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait insiden yang menewaskan satu orang tersebut.

"Kita lakukan penyelidikan. Satu orang sopir berinisial ER kita amankan untuk dimintai keterangan termasuk juga busnya. Kita akan mendalami insiden tersebut apakah ada kelalaian. Keterangan saksi-saksi memang kuat dugaan ada kelalaian dari sopir dalam mengendarai bus tersebut," ujar Susatyo.



Simak Juga 'Tiket Pesawat Mahal, Calon Jemaah Haji Pasangkayu ke Makassar Naik Bus':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tangisan Sopir Bus Rombongan Haji yang Tewaskan Seorang Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/tro)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com