detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 17:52 WIB

Balon Gas Meledak Lukai 8 Warga Cianjur, Sekolah Bandung Beri Bantuan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Balon Gas Meledak Lukai 8 Warga Cianjur, Sekolah Bandung Beri Bantuan Warga korban ledakan balon gas di Cianjur. (Foto: istimewa)
Jakarta - Perwakilan SMP dan SMA Karang Arum, Kabupaten Bandung, memberikan santunan kepada 8 orang warga yang menjadi korban ledakan balon gas MPLS di Kampung Tunagan, RT 1 RW 4, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Selain santunan, pihak sekolah juga akan menanggung biaya pengobatan para korban yang mayoritas mengalami luka bakar.

"Kami turut prihatin dan meminta maaf atas kejadian yang menimbulkan korban. Namun kami ingin mengklarifikasi dan menegaskan tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini," kata Wakasek SMP Karang Arum Ipan Masdudin kepada wartawan, Selasa (16/7).


Ipan menuturkan ide pelepasan balon gas dilakukan spontan sebagai simbol acara MPLS. "Kami juga tidak tahu akan terjadi hal ini. Karena pelepasan balon ini sudah hal biasa dan dilakukan oleh hampir setiap sekolah saat penerimaan siswa baru atau MPLS," ujarnya.

Menurutnya sekolah dan para korban sudah bersepakat untuk tidak memperpanjang masalah tersebut. "Bantuan santunan dan pengobatan sudah kita cover, besar kecilnya relatif sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah. Intinya sudah ada kesepakatan (pihak korban) tidak akan melakukan tuntutan apapun," katanya.

Ipan berharap pengguna media sosial tidak lagi menyebarkan foto-foto korban. Sebab dikhawatirkan informasi yang terus menyebar menyimpang dan tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

"Kami menindaklanjuti ke lokasi, meluruskan kejadian sebenarnya. Kami harap semua pihak turut menjaga agar informasi yang menyebar tidak menyimpang, sebab saat ini sudah banyak yang meneruskan postingan kaitan meledaknya balon tersebut," ucapnya.


Di lokasi yang sama Sekretaris Desa Wangunjaya Tasman Kurniawan mengapresiasi respon dan pihak sekolah yang langsung datang sehari setelah kejadian, termasuk memberikan bantuan dan akan tanggung jawab terhadap para korban.

"Semoga kejadian yang mengakibatkan beberapa orang korban ini tidak terulang lagi," kata dia.

Simak Video "Cianjur Diterjang Hujan Badai, Mobil-Motor Tertimpa Pohon"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com