detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 16:51 WIB

Kembali ke Lapas Sukamiskin, Setya Novanto Huni Sel Mana?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kembali ke Lapas Sukamiskin, Setya Novanto Huni Sel Mana? Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Setya Novanto telah kembali ke Lapas Sukamiskin Bandung usai sebulan mendekam di Rutan Gunung Sindur Bogor gegara pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kembali mendekam di Lapas Sukamiskin, Novanto huni sel mana?

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan Novanto tak akan berpindah tempat dari sel sebelumnya. Novanto tetap menghuni sel yang sebelumnya dia tinggalkan 'sementara'.

"Ya karena bukan penghuni baru," ucap Tejo di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Selasa (16/7/2019).


Menurut Tejo, saat Novanto terpergok pelesiran, pihaknya memberi hukuman agar eks Ketua DPR RI itu ditahan di sel isolasi. Menurut Tejo, sanksi itu sudah dijalankan Novanto di Gunung Sindur.

"Keputusan saya waktu itu diisolasi selama enam hari tidak boleh dikunjungi dan itu sudah dijalankan di Gunung Sindur," kata dia.

Meski kini telah kembali, Tejo tak menyebutkan secara pasti sel yang digunakan Novanto selama di Sukamiskin. Termasuk nomor kamar Novanto saat ini.

"Nomor kamar nggak boleh. Harus dirahasiakan," ujar Tejo.


Sel Novanto pernah terungkap ke publik. Pertama saat Najwa Shihab sidak ke Sukamiskin saat operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Wahid Husen. Saat itu, Novanto berada di sel yang diduga palsu.

Sel Novato yang asli terlihat saat Ombudsman menggelar sidak ke Lapas Sukamiskin. Sel dihuni Novanto terlihat mewah dengan tempat tidur, lemari, meja kerja, kamar mandi kloset duduk, exhaust fan dan wallpaper dinding berwarna cokelat.

Sebelumnya, Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang. Akibat ulahnya, Novanto dihukum menghuni Rutan Gunung Sindur Bogor. Tercatat hanya satu bulan, Novanto berada di rutan Gunung Sindur.



Simak Juga 'Setya Novanto Bantah Minta Proyek PLTU Riau-1 ke Sofyan Basir':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jawaban Yasonna di Tengah Desakan Mundur"
[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed