detikNews
Senin 15 Juli 2019, 17:31 WIB

PKL Teras Cihampelas Tutup Kios, Pemkot: Pedagang Harus Kreatif

Tri Ispranoto - detikNews
PKL Teras Cihampelas Tutup Kios, Pemkot: Pedagang Harus Kreatif Banyak kios pedagang yang tutup di Teras Cihampelas Bandung. (Foto: Annisa Nursalsabillah/detikcom)
Bandung - Sebagian besar PKL di Teras Cihampelas, Kota Bandung, meninggalkan lapaknya lantaran sepi pembeli. Selain itu PKL resah karena kios disusupi maling.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku belum mendapat laporan pasti mengenai hal tersebut. Namun ia akan menelusuri dan menanyakan langsung ke dinas terkait.

"Tapi yang pasti, komunitas pedagang bikin dong aktivitas yang mengundang (pengunjung). Seperti kegiatan seni, budaya, pameran atau kreatifitas apa saja. Pedagang harus kreatif untuk menarik pengunjung," kata Yana saat ditemui di Sabuga Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Pria yang juga Ketua Satgasus PKL Kota Bandung ini memastikan pemerintah terus melakukan promosi untuk meramaikan tempat tersebut. Hanya saja ia meminta pedagang turut aktif.

"Tolong berkreasi, jangan mengharapkan terus dari kita (pemerintah). Kita terus promosi, tapi merekanya juga harus kreatif," ujar Yana.


Soal keluhan pedagang yang kehilangan barang dagangan, Yana pun akan menindaklanjutinya. "Keamanan itu harus dijaga juga oleh pribadi. Komunitas pedagang juga harus bersatu saling menjaga keamanan," ucap Yana.

Sebagian besar PKL di Teras Cihampelas meninggalkan tempat berjualannya. Mereka mengeluh pendapatan makin berkurang karena sepi pengunjung.

Seperti yang dituturkan oleh salah satu pemilik kios baju, Esih (28). Ia mengaku pendapatannya kini berkurang sangat jauh dibandingkan saat ia berjualan di area bawah skywalk Cihampelas.

"Sekarang omzetnya menurun drastis, ya sampe setengahnya berkurang adalah. Kadang-kadang enggak ada penglaris malah. Makanya ini juga banyak yang udah enggak jualan lagi karena rugi juga," ujar Esih.




Tonton Video Viral! Satpol PP Berkelahi dengan PKL di Bojonegoro:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "PKL di Trotoar Tuai Polemik, Anies: Jangan Kita Diskriminatif"
[Gambas:Video 20detik]

(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com