detikNews
Senin 15 Juli 2019, 14:53 WIB

Omzet Menurun, PKL Teras Cihampelas Tutup Kios

Annisa Nursalsabillah - detikNews
Omzet Menurun, PKL Teras Cihampelas Tutup Kios Foto: Annisa Nursalsabillah
Bandung - Sebagian besar PKL di Teras Cihampelas meninggalkan tempat berjualannya. Mereka mengeluh pendapatan makin berkurang karena sepi pengunjung.

Seperti yang dituturkan oleh salah satu pemilik kios baju, Esih. Ia mengaku pendapatannya kini berkurang sangat jauh dibandingkan saat ia berjualan di area bawah skywalk Cihampelas.

"Sekarang omsetnya menurun drastis, ya sampe setengahnya berkurang adalah. Kadang-kadang enggak ada penglaris malah. Makanya ini juga banyak yang udah enggak jualan lagi karena rugi juga," ujar Esih (38), kepada detikcom pada Senin (15/07/19).

Teras Cihampelas memiliki panjang teras 450 meter dan lebar 9 meter. Pada awalnya ada 192 PKL yang berjualan di sini. Mereka pindahan dari PKL di bawah. Pantauan detikcom, kini hampir setengah kios di Teras Cihampelas terkunci rapat.

Selain sepi pengunjung, keamanan kawasan Teras Cihampelas juga dikeluhkan para pedagang. Menurut Esih, beberapa pedagang sempat kehilangan barangnya.

"Dua bulan lalu jualan saya ada yang nyuri, 6 kios lain juga kecurian," sambung Esih.

Tak hanya itu, soal kenyamanan kawasan PKL itu juga dikeluhkan pedagang lainnya, Gumilar. Apabila turun hujan, tidak ada pengunjung yang naik. Begitu juga kalau panas terik. Karenanya pedagang berinisiatif untuk menutupi bagian atas dengan terpal biru.

"Sebenernya pemerintah melarang pake terpal kaya gini katanya jadi kumuh, cuma kami semua sepakat pakein terpal mau gimana lagi kan takut kehujanan, masalahnya ga ada solusi juga dari pemerintahnya," ujar Gumilar, pedagang souvenir jaket di Teras Cihampelas.
Omzet Menurun, PKL Teras Cihampelas Tutup KiosFoto: Annisa Nursalsabillah

Pada awal pembangunan Teras Cihampelas ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat. Tapi lama kelamaan antusiasme warga semakin berkurang. Di zona souvenir pun terpantau sangat sepi, hanya 5-10 pedagang yang masih membuka kiosnya. Sedangkan di zona kuliner, lebih banyak pedagang yang berjualan walaupun sepi pengunjung.

"Saya udah jualan hampir 5 tahun, dipindahin ke sini (Teras Cihampelas) pas 2017. Beda banget waktu jualan di bawah bisa rame sampe malem, sekarang mah ga nentu tiap bulan pendapatannya berapa," sambung Gumilar.

Beberapa pedagang juga memilih untuk berjualan di hari Sabtu dan Minggu saja karena akan lebih ramai dari hari biasa, walaupun tetap tidak seramai dulu saat awal Skywalk ini dibuka.

"Saya pinginnya kaya waktu awal ini dibangun banyak yang beli, enggak mengerti juga kenapa sekarang sepi gini. Semoga pemerintah bisa peduli sama kami, gimana caranya biar ini diminati lagi sama masyarakat," ujar Wahid, penjual souvenir lainnya.

Simak Video "PKL di Trotoar Tuai Polemik, Anies: Jangan Kita Diskriminatif"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com