detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 11:41 WIB

Uji Coba Satu Arah Sukajadi-Setiabudi Bandung Sebabkan Kemacetan

Mochamad Solehudin - detikNews
Uji Coba Satu Arah Sukajadi-Setiabudi Bandung Sebabkan Kemacetan Uji coba hari pertama rekayasa jalan di Bandung menyebabkan kemacetan. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas kawasan Jalan Sukajadi, Cipaganti dan Setiabudi. Namun uji coba tersebut menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Uji coba rekayasa lalu lintas mulai dilakukan, Kamis (11/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Petugas kepolisian bersama Dishub Bandung tampak sudah bersiaga di sejumlah titik persimpangan jalan.


Pantauan di lapangan, terjadi kepadatan kendaraan lalu lintas dampak dari uji coba rekayasa lalu lintas tersebut. Kepadatan terjadi mulai dari persimpangan Jalan Pasteur-Cipaganti, Jalan Oten hingga persimpangan Jalan Eykman-Sukajadi.

Sementara untuk Jalan Sukjadi yang mulai diberlakukan satu arah terlihat relatif lancar. Sejumlah kendaraan bisa melaju dengan kecepatan rata-rata sekitar 40 km/jam. Kondisi berbeda terjadi di Jalan Cipaganti yang mengalami kepadatan.

Uji Coba Satu Arah Sukajadi-Setiabudi Bandung Sebabkan KemacetanKemacetan di Jalan Djundjunan atau Pasteur. (Foto: Mochamad Solehudin)
Di sisi lain, masih banyak warga yang kebingungan terkait uji coba rekayasa lalu lintas yang dilakukan. Terutama perubahan arus yang diterapkan di Jalan Cipaganti. Sejumlah pengendara bahkan sempat berhenti dan menanyakan jalur yang tepat kepada para petugas.

"Masih bingung, biasanya kan kalau mau ke Setiabudi bisa lewat sini (Cipaganti)," kata Fikri Khalid (25) saat ditemui di sekitar persimpangan Jalan Cipaganti.

Uji Coba Satu Arah Sukajadi-Setiabudi Bandung Sebabkan KemacetanKondisi Jalan Cipaganti menjadi satu arah. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Dia juga menyebut ada beberapa dampak dari uji coba rekayasa yang dilakukan. Salah satunya kemacetan yang terjadi di kawasan bawah arah Gasibu menuju Pasteur.

"Tadi kena macetnya dari pas (Flyover) Pasopati saja," ujarnya.

Simak Video "Rekayasa Lalu Lintas Disiapkan saat Imlek di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com