1.945 Warga Garut Berangkat Haji, 40 Persennya Lansia

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 10:04 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom
Garut - Calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Garut siap berangkat ke tanah suci tahun 2019 ini. Keberangkatan dibagi lima kloter.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan kuota calon jemaah haji asal Garut tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Tahun ini, Garut memberangkatkan sekitar 1.945 calhaj. Dari jumlah itu 40 persennya lanjut usia. Sedangkan pada tahun 2018 lalu ada 1.911 calon haji asal Garut yang berangkat ke tanah suci.

"Tahun ini yang berangkat total ada 1.945 orang, termasuk beberapa tenaga medis dan pendamping," ujar Helmi di lapangan Setda Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).


Pada tahun ini, menurut Helmi, calon haji yang berusia sekitar 60 tahunan meningkat. Sedangkan tahun lalu, calhaj lansia asal Garut hanya sekitar 30 persen.

"Untuk itu kami sempat ingatkan untuk menjaga kesehatan sebelum dan selama di tanah suci. Ada tim kesehatan juga yang memantau," kata Helmi.

Sementara itu, keberangkatan calhaj asal Garut tahun ini dibagi lima kloter. Kloter pertama dijadwalkan berangkat via Bekasi pada Selasa (9/7). Sedangkan kloter kelima akan berangkat Selasa (30/7).

Simak Video "Ngeri! Detik-detik Pikap Nyaris Masuk Jurang Terseret Longsor di Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/bbn)