ADVERTISEMENT
detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 15:12 WIB

Taksi Online Tak Berizin di Cimahi akan Ditilang

Yudha Maulana - detikNews
Taksi Online Tak Berizin di Cimahi akan Ditilang Sanksi tilang mengancam taksi online tak miliki izin trayek (Foto: Shutterstock)
Cimahi - Sanksi berupa teguran dan tilang menanti taksi online atau angkutan sewa khusus (ASK) jika tak melengkapi kartu pengawasan dan izin trayek. Pasalnya, sejak 18 Juni lalu Kemenhub memberlakukan Permenhub Nomor 118 tentang penyelenggaraan ASK.

Kepala Seksi Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan kewenangan memberikan sanksi tersebut diberikan Kemenhub kepada Dishub kewilayahan dan aparat kepolisian.

"Sesuai batas dari Kemenhub RI bagi pihak pemilik ASK untuk mengurus perizinan. Seperti izin trayek dan kartu pengawas. Khusus angkutan online di Bandung Raya, termasuk di Kota Cimahi, izin dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ujar Ranto saat ditemui belum lama ini.


Ranto mengatakan seharusnya pihak pengelola ASK telah memberitahukan peraturan tersebut kepada mitranya. Sebab peraturan itu disahkan tahun lalu dan mulai berlaku tahun ini.

"Jadi saat kami minta untuk memperlihatkan surat pengawasan dan izin trayek tak ada lagi alasan tak tahu peraturannya atau ini itu," ujarnya.

Ranto tak memungkiri saat ini pihaknya masih terkendala cara membedakan kendaraan ASK dan kendaraan pribadi yang bisa dibedakan melalui stiker atau atribut lainnya.

"Secara kasat mata memang sulit untuk membedakan karena tidak ada ciri sama sekali yang ditempelkan di angkutan sewa khusus ini," tutur Ranto.

Kendati begitu, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan memantau lalu mendata tempat yang biasa dijadikan titik mangkal ASK.

"Kita sudah mengidentifikasi dimana mereka suka mangkal. Kemungkinan ke depan kami akan mendatangi lokasi dimana mereka mangkal untuk melalukan pemeriksaan," ujar dia.

Simak Video "Menhub Minta Ganjil-Genap Adil Buat Taksi Online"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed