detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 16:52 WIB

7.000 Siswa Miskin Disubsidi Pemprov Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
7.000 Siswa Miskin Disubsidi Pemprov Jabar Sekda Jabar Iwa Karniwa (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar menyiapkan anggaran Rp 14 miliar untuk mensubsidi biaya pendidikan kepada 7.000 siswa kategori miskin di sekolah negeri dan swasta. Setiap siswa akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan kebijakan itu baru diputuskan setelah menggelar rapat dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Bandung, Jumat (28/6/2019).

"Barusan dapat persetujuan dari Pak Gubernur, (ada bantuan) khususnya untuk orang yang kebetulan dari sisi keuangan terbatas. Kita sebagai negara wajib membantu kepada siswa yang relatif miskin dari sisi ekonominya. Sudah diakomodir, sudah disetujui gubernur," kata Iwa usai rapat.


Ia menjelaskan anggaran tersebut bersumber dari anggaran Dinas Pendidikan yang akan dibagikan kepada sekitar 7.000 siswa miskin. Dana tersebut akan dialokasikan untuk tahun ajaran baru.

"Besarannya Rp 2 juta. Jadi kita siapkan bantuan untuk tahun ajaran baru bisa untuk uang bangunan atau apa," ucapnya.

Menurut Iwa, bantuan tersebut merupakan bagian dari program sekolah gratis untuk SMA yang akan direalisasikan tahun 2020. Wacana tersebut sudah disampaikan Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

"Anggaran sudah ada di Disdik. Disdik tinggal melakukan efisiensi," ujar Iwa.

Simak Video "Ahmad Heryawan: Saya Yakin Bandara Ini Paling Nyaman Untuk Jemaah Haji"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com