detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 20:32 WIB

Pemkab-Kesultanan Cirebon Kembangkan Wisata Pecinan Jamblang

Sudirman Wamad - detikNews
Pemkab-Kesultanan Cirebon Kembangkan Wisata Pecinan Jamblang Pemkab-Kesultanan Cirebon Kembangkan Wisata Kota Tua Pecinan Jamblang. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Pemkab Cirebon bersama Kesultanan Kasepuhan Cirebon menggagas wisata kota tua di kawasan pecinan Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cidebon, Jawa Barat.

Kawasan pecinan Jamblang merupakan salah satu wilayah bersejarah di Cirebon. Di kawasan tersebut terdapat vihara tua yang sudah ada sejak dua abad silam bernama Vihara Dharma Rakita. Vihara tersebut dikelilingi bangunan tua peninggalan kolonial.


Sultan Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan kawasan pecinan harus dihidupkan untuk wisata kota tua. Sehingga, seluruh pihak perlu membangun sapta pesona wisata untuk menghidupkan wisata kota tua.

"Sejumlah bangunan tua ini harus bisa terus dijaga dan menjamu kunjungan wisata. Cagar wisata ini memiliki potensi untuk menarik wisatawan," kata Arief usai peresmian wisata kota tua di Vihara Dharma Rakita, Kamis (27/6/2019).


Lebih lanjut, ia menyebutkan sedikitnya ada 10 bangunan tua peninggalan masa kolonial yang bakal dijadikan sebagai obyek wisata kota tua. Wisatawan bakal diajak berkeliling mengunjung 10 bangunan tersebut.

"Memang ini baru awalan. Nanti ke depannya akan ada perbaikan-perbaikan agar lebih menarik. Kita akan siapkan dulu semuanya," ucap Arief.

Selain wisata kota tua, Arief menyebutkan Jamblamg memiliki potensi wisata lainnya seperti gerabah dan kuliner nasi jamblang. "Semua potensi itu harus saling berkaitan, jadi wisatawan bisa juga wisata kuliner dan membeli oleh-oleh gerabah khas Jamblang," katanya.

Pemkab-Kesultanan Cirebon Kembangkan Wisata Pecinan JamblangFoto: Sudirman Wamad

Di tempat yang sama, Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan perlu inovasi untuk bisa mengembangkan sektor pariwisata di Cirebon. Kota tua, kata dia, salah satu langkah untuk bisa mengembangkan potensi wisata, selain wisata religi ziarah dan wisata kuliner.

"Jamblang memiliki destinasi wisata baru, wisata kota tua kelenteng Jamblang. Saya yakin bila dikembangkan baik ini akan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Sinkronisasi dengan wisata lainnya seperti gerabah dan kuliner harus dilakukan, saya yakin ini ke depannya berkembang," kata Imron.

Simak Video "Nasi Jamblang Pelabuhan, Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed