detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 15:51 WIB

SMAN 3 dan 5 Bandung: Sekolahnya Kepala Daerah hingga Artis

Mukhlis Dinillah - detikNews
SMAN 3 dan 5 Bandung: Sekolahnya Kepala Daerah hingga Artis Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - SMA Negeri 3 dan 5 Bandung tengah menjadi sorotan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2019. Selain daftarnya putri bungsu Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke SMA 3 yang disoal, ditemukan juga para pendaftar yang mengakali syarat administrasi agar lolos ke dua SMA yang dikenal sekolah unggulan tersebut.

SMAN 3 dan 5 Bandung berada di dalam satu gedung tua peninggalan Belanda di Jalan Belitung No 8. SMAN 3 berada di sebelah barat dan SMAN 5 di sebelah timur. Kedua sekolah itu hanya dibatasi koridor yang memanjang dari arah utara ke selatan.

Dulunya, gedung SMAN 3 dan 5 adalah Hoogere Burgerschool te Bandoeng (HBS) yaitu sekolah menengah untuk Belanda dan kalangan ningrat Indonesia. Itu tahun 1916-1942. Kemudian saat penjajahan Jepang jadi asrama tentara Jepang.

Setelah Jepang angkat kaki dari bumi pertiwi, dari tahun 1947 hingga 1950 saat masa peralihan, difungsikan sebagai Sekolah VHO (Voortgezet Hoger Onderwijs), sekolah setaraf SMA berbahasa Belanda saat pagi dan sore hari dipakai siswa pribumi.
SMAN 3 dan 5 Bandung: Sekolahnya Kepala Daerah hingga ArtisFoto: Mukhlis Dinillah

Lama kelamaan siswa Belanda surut sehingga gedung itu murni dihuni siswa pribumi. Pada awalnya di gedung itu sempat bergabung SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4 dan juga SMAN 6. Namun 1966, akhirnya empat sekolah itu memiliki gedung sendiri-sendiri di beberapa lokasi di Kota Bandung. Tersisa SMAN 3 dan 5 hingga saat ini.

Menilik sejarahnya, wajar saja SMAN 3 dan 5 Bandung selalu menjadi idaman siswa-siswi. Apalagi lulusannya banyak yang berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka di tanah air dan menjadi tokoh penting.

Banyak pesohor tanah air jebolan SMAN 3 Bandung. Sebut saja Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Alm Didi Petet, presenter M Farhan, Mantan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, Purwacaraka, Dwiki Dharmawan, Mantan Wakapolri Adang Daradjatun, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Anak pertama Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz juga alumnus SMAN 3 Bandung. Kini anak bungsunya Cammilia Laetitia Azzahra mengikuti jejak ayah dan kakaknya. Meski sempat menuai pro dan kontra, kemungkinan besar Zahra lolos ke SMAN 3 lewat jalur perpindahan orangtua.
SMAN 3 dan 5 Bandung: Sekolahnya Kepala Daerah hingga ArtisFoto: Mukhlis Dinillah


Tak kalah dari SMAN 3, SMAN 5 selalu menjadi tujuan selanjutnya siswa-siswi di Kota Bandung. Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya salah satu alumninya.

Selain itu, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), presenter Fitri Tropica, komedian Aming, dan Armand Maulana juga lulusan SMAN 5 Bandung.

Dengan sistem zonasi, pemerintah menginginkan pemerataan pendidikan semua sekolah. Tidak ada lagi predikat sekolah favorit ataupun unggulan. Bisakah berhasil?



Lihat video Gara-gara Sistem Zonasi, Sekolah Ini Tak Ada Pendaftar:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pendaftar PPDB di Makassar Membeludak, 10 SMPN Baru Didirikan"
[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed