detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 15:57 WIB

Dinsos Pastikan Tangani 2 ODGJ di Bandung yang Dirantai Keluarga

Mochamad Solehudin - detikNews
Dinsos Pastikan Tangani 2 ODGJ di Bandung yang Dirantai Keluarga Penderita ODGJ di Bandung dirantai keluarga. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Dinas Sosial Kota Bandung tangani tiga warga penderita gangguan jiwa di RW 8, Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Rencananya ketiga warga tersebut dibawa ke rumah singgah agar mendapat perawatan intensif.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono meninjau langsung kondisi warga tersebut. Dia mengaku prihatin dan siap melakukan penanganan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

"Jadi intinya masalah ini ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), sebenarnya ranah awal di Dinkes, jadi harus dicek dulu kesehatan, kesehatan jiwanya. Tapi saya terpanggil kalau ada laporan ini," kata Tono saat ditemui di salah satu rumah warga RW 8, Rabu (26/6/2019).


Tono mengungkapkan, sebetulnya Dinsos sudah melakukan penanganan terhadap tiga warga penderita ODGJ tersebut. Hanya saja pihaknya kesulitan untuk melakukan penanganan lebih lanjut karena terkendala pihak keluarga.

"Sudah cukup lama (dilakukan penanganan), namun bapaknya enggak mau saja dan sulit juga. Kan harus ada persetujuan dari keluarga," ucapnya.

Meski begitu, pihaknya akan tetap berupaya agar para penderita ODGJ itu bisa dibawa ke rumah singgah. Atau mungkin, kata dia, dibawa ke rumah sakit jiwa agar mendapat penanganan maksimal.

"Hari ini saya perintahkan untuk membawa ke rumah singgah atau memang sulit ditangani seperti bapak ini karena enggak setuju anaknya sudah parah, ya harus mau dimasukan ke rumah sakit jiwa," katanya.

Dia menegaskan, pihaknya menaruh perhatian terkait masalah semacam ini. "Dalam hal ini pemerintah kota, Dinsos, saya konsen terhadap permasalahan ini. Tapi mungkin Dinkes harus diinformasikan," ujarnya.


Sebelumnya, tiga warga penderita ODGJ di RW 8, Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, memprihatinkan. Dua di antaranya bahkan terpaksa dirantai keluarga karena khawatir mengganggu warga sekitar.

Dua warga bernama Ude (50) dan Iis (46) terpaksa dirantai keluarga karena mengalami gangguan jiwa. Sementara satu orang lagi yaitu Ida (40) yang juga mengalami gangguan jiwa sedang hamil besar.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed