detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 09:14 WIB

Kebakaran Pasar Ciamis Hanguskan 10 Kios, Ratusan Pedagang Tak Berjualan

Dadang Hermansyah - detikNews
Kebakaran Pasar Ciamis Hanguskan 10 Kios, Ratusan Pedagang Tak Berjualan Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Kebakaran menghanguskan 10 kios di Pasar Manis Ciamis. Api diduga karena korsleting listrik. Rabu (26/6/2019) pagi, aktivitas pasar tetap normal. Hanya gerbang kios blok B yang terbakar masih ditutup rapat sehingga ratusan pedagang tak berjualan.

Pantauan detikcom, terlihat sejumlah wargaberkerumun di depan gerbang besi yang menutup lokasi yang terbakar, penasaran dengan peristiwa yang terjadi pada Selasa (25/6/2019) malam.

Meski dilanda kebakaran namun umumnya aktivitas warga pasar terlihat normal. Sejumlah pedagang tetap membuka kios untuk berjualan. Hanya sebagian blok B saja yang masih ditutup.

Petugas UPTD Pasar Manis Ciamis Sahman mengatakan bagian dalam blok B yang terbakar ditutup sementara, sesuai perintah dari kepolisian. Tujuannya supaya tak ada orang yang masuk dan guna kepentingan penyelidikan.
Kebakaran Pasar Ciamis Hanguskan 10 Kios, Ratusan Pedagang Tak BerjualanFoto: Dadang Hermansyah

Dengan adanya penutupan itu, ratusan kios yang berada di blok B terpaksa tak bisa buka. Sedangkan untuk bagian blok B yang berada di luar masih bisa beraktivitas seperti biasanya. Menurut Sahman total kios yang hangus terbakar sebanyak 8 kios, sedangkan 2 kios hanya setengahnya.

"Untuk sementara bagian dalam blok B ditutup, total ada 113 kios. Mungkin sampai siang atau besok belum ada keputusan, kami menunggu perintah," ujar Sahman saat ditemui di lokasi Pasar Manis, Rabu (26/6/2019).

Sampai saat ini puing-puing dan barang dagangan yang terbakar seperti kain dan pakaian masih dibiarkan tergeletak.

"Di bagian dalam blok b ini kebanyakan pedagang pakaian, ada juga gudang yang digunakan untuk menyimpan pakaian milik pedagang kaki lima di sekitar pasar," jelas Sahman.

Uni Fatmawati, seorang pedagang kaki lima yang barang dagangannya berupa pakaian yang terbakar mengaku sangat sedih. Usaha satu-satunya untuk membiayai anak-anaknya kini harus terhenti karena modal usahanya kini hangus terbakar.

"Saya usaha untuk anak-anak, nantinya juga hasil usaha ini untuk nikahkan anak dan keperluan lainnya. Sekarang sudah habis kebakar, ini satu-satunya usaha saya," ujar Uni warga asli Padang yang kini tinggal di Benteng, Ciamis.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto mejelaskan hasil identifikasi, diduga api berasal dari korsleting arus pendek listrik. Mula api berasal dari kios penjual dan penyepuh emas/perak blok B-187. Kemudian api menjalar ke kios pakaian yang ada di dekatnya.

"Jumlah kerugian sementara belum dapat dapat ditaksir. Tidak ada korban jiwa karena pada waktu terbakar pemilik kios sudah meninggalkan kiosnya," jelas Hendra.

Kebakaran melanda Pasar Manis di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019) sekitar pukul 17.45 WIB. Api membakar beberapa kios pakaian di Blok B. Saat kejadian Pasar sudah tutup.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed