detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 17:20 WIB

BBKSDA Jabar Amankan 6 Satwa Dilindungi dari Taman Wisata Jempol Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
BBKSDA Jabar Amankan 6 Satwa Dilindungi dari Taman Wisata Jempol Cirebon Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar menyelamatkan enam satwa liar dilindungi dari tangan pengelola Taman Wisata Jempol Waterboom Ciledug, Kabupaten Cirebon.

Kepala Resor KSDA Wilayah XXII Cirebon BBKSDA Jabar Slamet Priambada menyebutkan enam satwa liar dilindungi yang diamankan itu di antaranya kakaktua putih besar jambul kuning, dua ekor nuri bayan, jalak putih, jalak bali, dan perkici dora.

Slamet mengaku mendapat informasi dari pemerhati satwa terkait adanya satwa dilindungi yang dipelihara oleh pengelola wisata.

"Kami dapat laporan 24 Juni. Kemudian, hari ini, 25 Juni kami lakukan evakuasi dan penyelamatan terhadap enam satwa tersebut. Kita sudah kumpulkan bahan dan keterangan terlebih dahulu," kata Slamet dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (25/6/2019).

Slamet menjelaskan enam satwa yang diselamatkan itu termasuk satwa dilindungi sesuai dengan PP Nomor 7/1999. Pihaknya akan membawa enam satwa liar tersebut untuk menjalani pemeriksaan dari dokter hewan sebelum direhabilitasi atau dilepasliarkan.

"Satwa akan diamankan ke kandang transit Resor Cirebon. Kemudian dibawa ke kandang transit kantor Bidang KSDA Wilayah III Ciamis sambil menunggu hasil dari pemeriksaan dokter hewan, apakah akan direhabilitasi atau dilepasliarkan ke alam," tambah Slamet.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed