detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 12:14 WIB

Alami Kekeringan, 15 Hektare Sawah di Mundu Cirebon Gagal Panen

Sudirman Wamad - detikNews
Cirebon - Belasan hektare sawah di Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, gagal panen lantaran dilanda kekeringan.

Perangkat Desa Sinarrancang Nono mengatakan belasan hektare sawah yang dilanda kekeringan itu tersebar di tiga blok, yakni blok Rancang, Sigarjaya, dan Jlawe. "Totalnya ada 15 hektare sawah yang kekeringan," ucap Nono saat berbincang dengan detikcom area persawahan Desa Sinarrancang, Selasa (25/6/2019).


Lebih lanjut, Nono mengatakan minimnya sumber mata air di wilayah Sinarrancang menjadi salah satu faktor penyebab kekeringan. Sehingga, kata dia, setiap musim kemarau petani Sinarrancang selalu dihantui gagal panen.

"Yang gagal panen itu rata-rata usia padinya baru satu sampai dua bulan. Ini sejak bulan Mei, tidak ada hujan sampai sekarang. Kita kesulitan mencari sumber mata air," kata Nono.

Alami Kekeringan, 15 Hektare Sawah di Mundu Cirebon Gagal PanenFoto: Sudirman Wamad/detikcom

Nono menjelaskan Sungai Cikaramat yang menjadi satu-satunya sumber mata air wilayah persawahan Sinarrancang tak mampu memenuhi kebutuhan. Nono berharap Pemkab Cirebon bisa mencari solusi sumber mata air baru.

"Ya, kalau begini terus tidak ada solusinya. Mata air baru harusnya ada dari Linggarjati. Ya harus bisa dilakukan, jangan sampai setiap kemarau gagal panen," kata Nono.

Alami Kekeringan, 15 Hektare Sawah di Mundu Cirebon Gagal PanenFoto: Sudirman Wamad/detikcom

Kendati demikian, kekeringan tahun ini tidak terlalu parah dibandingkan dengan tahun lalu. "Tahun lalu itu sampai 40 hektare sawah, sekarang kita catat sekitar 15 hektare," ucap Nono.



Tonton video Fenomena Langka! Kolam Segaran Peninggalan Majapahit Mengering:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed