detikNews
Senin 24 Juni 2019, 15:53 WIB

Steve Ewon Ungkap Dugaan Penyebab Jana Tewas Dililit Ular Sanca

Yudha Maulana - detikNews
Steve Ewon Ungkap Dugaan Penyebab Jana Tewas Dililit Ular Sanca Ular sanca yang melilit tubuh Yana. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Cimahi - Pecinta dan pelestari hewan, Steve Ewon, angkat bicara soal kejadian menimpa Jana (42), warga Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang tewas terlilit ular sanca, Jumat (21/6/2019) siang. Menurut Ewon, ada beberapa faktor yang menyebabkan insiden nahas itu terjadi.


Ia menekankan hal itu bukan sekedar perkara jinak atau tidaknya reptil tersebut. "Pertama, mungkin karena si ular merasa tidak nyaman, dan yang kedua dia membelit mungkin karena bertumpu," ujar Ewon saat dihubungi detikcom, Senin (24/6/2019).

"Biasanya ular kalau di hutan membelit ke pohon, tapi kalau kasusnya begini, kemungkinan ular membelit ke badan atau tangan, yang bahaya itu kalau sampai membelit ke leher, ular sanca jinak juga bisa mematikan," kata lelaki pembawa acara 'Steve Ewon Sang Pemburu' yang pernah tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

Jika ular sampai membelit leher, kata Ewon, hanya perlu waktu maksimal tiga menit bagi korban untuk membebaskan diri. "Mungkin pernah melihat pertandingan MMA, kalau terkunci selama tiga menit aliran darah di arteri akan terhenti, jangan sampai panik," ujarnya.


Menurut dia, sebaiknya ular dijauhkan dari leher dan badan saat dimandikan. Kemudian, ada orang lain yang kompeten untuk mengawasi jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Sebab itu, Ewon mengimbau bagi pecinta ular untuk mempelajari terlebih dahulu ilmu menangani ular.

"Banyak pawang atau anak komunitas yang hanya tahu dari Google atau tahu dari cerita. Ular itu makhluk yang membahayakan sejak dari dulu juga, harus ada pembelajaran yang benar," tutur Ewon.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed