detikNews
Senin 24 Juni 2019, 13:28 WIB

Pemkab Ciamis Tata Kawasan Kumuh Sungai Cileueur Jadi Tempat Wisata

Dadang Hermansyah - detikNews
Pemkab Ciamis Tata Kawasan Kumuh Sungai Cileueur Jadi Tempat Wisata Penataan kawasan kumuh Sungai Cileueur Ciamis menjadi tempat wisata kekinian. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Kabupaten Ciamis segera memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang baru. Konsepnya juga dibuat kekinian dan asyik, bahkan tak kalah dengan Teras Cikapundung di Kota Bandung. Traveler dan warga Ciamis, kelak bisa memanfaatkannya untuk tempat wisata.

Di Ciamis sedikitnya terdapat 14 kawasan kumuh, salah satunya yang paling utama adalah kawasan Sungai Cileueur yang berada di pusat kota. Bantaran Sungai Cileueur akan disulap menjadi RTH dengan konsep wisata. Diharapkan nantinya bisa menjadi pusat keramaian baru dan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


Kawasan Cileueur yang siap ditata ini berada di 4 lingkungan mulai dari Janggala belakang Pendopo Bupati, Kedung Panjang, Limus Nunggal dan Lingkungan Barak. Luasnya mencapai 30 hektar. Penataan berasal dari pusat yakni Kementerian PUPR dalam program Kotaku skala kawasan. Namun konsep dan DED dilaksanakan Pemkab Ciamis oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup.

"Penataan kawasan kumuh di bantaran Sungai Cileueur ini untuk pengurangan kawasan kumuh, kedua perubahan wajah kawasan dan ketiga adalah destinasi wisata perkotaan," ujar Kepala Satker Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kabupaten Ciamis yang juga Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Tino Armyanto, Senin (24/6/2019).

Pemkab Ciamis Tata Kawasan Kumuh Sungai Cileueur Jadi Tempat WisataFoto: Dadang Hermansyah
Tino menjelaskan di lokasi tersebut dibangun teras yang tak kalah dengan daerah lain. Ada panggung pentas, beberapa spot selfy di pinggir sungai, tempat bermain anak, fasilitas umum hingga 2 jembatan yang didesain unik dan menarik.

"Jadi seperti wisata kekinian yang mengedepankan latar belakang menarik. Jadi semua sudut bisa dijadikan spot-spot untuk berfoto menarik," ucap Tino.

Nantinya masyarakat bisa menggelar berbagai acara seperti hiburan, wisata kuliner yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Jadi harapannya setelah ditata tak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai. Dianjurkan juga nantinya warga bisa menghadapkan rumah ke sungai jadi tak lagi jadi bagian belakang," ucapnya.

Dalam penataan ini Tino menegaskan tak akan ada penggusuran dan relokasi. Bagi rumah yang sedikit masuk bantaran sungai tetap dibiarkan. Tapi hanya akan ada penataan sedikit supaya terlihat lebih rapih.

Pemkab Ciamis Tata Kawasan Kumuh Sungai Cileueur Jadi Tempat WisataFoto: Dadang Hermansyah

Untuk limbah masyarakat sekitar juga akan dibuatkan beberapa IPAL pembuangan. Sehingga tak ada lagi limbah rumah tangga atau MCK yang masuk ke sungai. Bahkan akses masyarakat sekitar akan lebih mudah dengan dibangun dua jembatan menuju Masjid Agung dan Alun-alun.

"Nantinya juga ini dapat memotivasi dan merangsang masyarakat untuk ikut menata dan membangun kawasan itu. Supaya terlihat indah dan menarik, seperti berwarna-warni," ujarnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed