detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 16:07 WIB

Kalah Beken, Baru 80 Siswa Daftar PPDB di SMAN 1 Baregbeg Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kalah Beken, Baru 80 Siswa Daftar PPDB di SMAN 1 Baregbeg Ciamis SMAN 1 Baregbeg Ciamis sepi pendaftar PPDB. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Ciamis - Sejak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dibuka 17 Juni 2019 sampai hari, SMA Negeri 1 Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat baru menerima 80 orang pendaftar. Berbeda dengan SMA lainnya yang masih berada di perkotaan Ciamis, jumlah pendaftar sudah mencapai ratusan.

Masih sedikitnya jumlah pendaftar yang masuk SMA Negeri tersebut, karena image masyarakat Ciamis masih adanya sekolah favorit. Sehingga memilih beberapa SMA Negeri lain yang dianggap favorit tersebut. Diketahui di perkotaan Ciamis terdapat SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Ciamis yang jumlah peminatnya paling banyak.


Pantauan pada Kamis (20/6/2019) siang di ruang pendaftaran terlihat kosong pendaftar. Hanya ada beberapa guru panitia PPDB yang duduk di depan meja komputer sambil berbincang menunggu ada pendaftar yang datang.

Wakil Kepala SMA Negeri 1 Baregbeg Bidang Kesiswaan Suliadi mengatakan sistem zonasi baik dan adil. Tapi juga sedikit berpengaruh terhadap berkurangnya PPDB di sekolahnya. Karena di wilayah zonasi perkotaan Ciamis ini ada beberapa sekolah yang masih dianggap favorit oleh masyarakat dan jarak lokasinya tidak begitu jauh.

"Dengan zonasi ini memang baik, tapi berdampak juga karena lokasinya di Ciamis khususnya perkotaan masih banyak sekolah yang dianggap favorit. Yang daftar ke sini kurang," ujar Suliadi di lokasi, Kamis (20/6/2019).


Suliadi menuturkan pihaknya menyediakan 9 rombel dengan maksimal 36 siswa per kelas. Sedangkan sampai saat ini baru 80 orang yang mendaftar. Artinya baru hanya memenuhi 3 rombel.

"Ini baru hari ke empat, kami menunggu sampai tanggal 22 mudah-mudahan bisa bertambah yang mendaftar. Memang di sini satu angkatan kelas itu rata-rata total 130 siswa," ucapnya.


Sebelum PPDB dimulai, pihak sekolah mengaku telah melakukan upaya untuk menarik minat masyarakat mendaftar di SMA Negeri 1 Baregbeg. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi ke SMP terutama program sekolah dan pelayanan.

Suliadi mengatakan sejauh ini SMA Negeri 1 Baregbeg menjadi pilihan ke 2, apabila calon siswa tidak diterima di SMA pilihan pertama di wilayah perkotaan.

"Menunggu hasil pengumuman hasil PPDB, kalau misalkan tak diterima di pilihan pertama dan pilihan ke 2 biasanya itu ada ke SMA N 1 Baregbeg," ujarnya.
(tro/tro)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed