detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 15:43 WIB

Tabrak 7 Personel Polda Jabar, Sopir Mobil Boks Jadi Tersangka

Yudha Maulana, Wisma Putra - detikNews
Tabrak 7 Personel Polda Jabar, Sopir Mobil Boks Jadi Tersangka Motor anggota Raimas Polda Jabar ditabrak mobil boks di Kabupaten Bandung. (Foto: Istimewa)
Cimahi - Polres Bandung menetapkan Sukarta (45) sebagai tersangka. Sopir mobil boks tersebut menabrak rombongan tim Pengurai Massa (Raimas) Polda Jabar di kawasan Kopo, Bandung, Jawa Barat. Akibat insiden itu tujuh personel Raimas diboyong ke rumah sakit, salah satunya meninggal dunia selagi menjalani penanganan medis.

"Untuk status sopir, sudah kami tingkatkan sebagai tersangka dan sekarang kami tahan di Polres Bandung," ujar Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan di Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019).


Pihaknya, menurut Indra, telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa lima saksi, di antaranya rekan sopir, korban dan saksi mata di lokasi kejadian.

Sementara untuk dugaan penggunaan miras dan obat-obatan lainnya saat ini pihaknya masih menunggu hasil laboratorium. "Dari hasil pemeriksaan dari saksi, diakui bahwa si tersangka ini lelah karena satu hari melakukan antar jemput barang. Pada jam 22.00 WIB dia lelah, sehingga oleng dan mengambil jalur dari Raimas Polda Jabar yang menuju perjalanan pulang," tutur Indra.

Tabrak 7 Personel Polda Jabar, Sopir Mobil Boks Jadi TersangkaSejumlah polisi membawa jenazah Adimanyu Dwi, personel Raimas Polda Jabar yang meninggal ditabrak mobil boks. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Akibat insiden kecelakaan ini, Briptu Adimanyu Dwi meninggal dunia dan enam personel Raimas Polda Jabar lainnya menjalani perawatan. Indra mengatakan saat ini tersangka dijerat Pasal 33 ayat 10 atau 11 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (UU LLAJ).

"Apakah ada kelalaian, alpa atau kesengajaan nanti akan ditentukan dalam hasil uji lab," katanya.


Direktur Sabhara Polda Jabar Kombes Nurfalah yang menjadi inspektur pemakaman mengatakan korban sempat kritis dan dirawat di Rumah Sakit Santosa, Kopo, Kabupaten Bandung.

"Beliau patah kaki dan betis, beliau terbentur dan mengalami pendarahan dalam di kepala," kata Nurfalah dalam sambutan pemakaman.

Kasus Ditangani Satlantas Polres Bandung

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kasus sopir mobil boks tabrak rombongan personel Raimas Polda Jabar sudah ditangani Satlantas Polres Bandung. Dalam insiden kecelakaan lalu lintas itu, tujuh orang menjadi korban. Satu orang meninggal dunia, tiga orang luka berat dan tiga orang lainnya mengalami luka ringan.

Tabrak 7 Personel Polda Jabar, Sopir Mobil Boks Jadi TersangkaLokasi kecelakaan lalu lintas mobil boks menabrak rombongan motor trail Raimas Polda Jabar di depan Pabrik Vanamon Katapang, Jalan Raya Terusan Kopo, Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Saat disinggung apakah ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh sopir mobil boks tersebut, Trunoyudo belum dapat memberikan banyak keterangan. "Masih dalam proses pemeriksaan," ujar Truno via telepon.

Lokasi kejadian insiden kecelakaan lalu lintas itu terjadi di Jalan Raya Terusan Kopo Kabupaten Bandung tepatnya di depan Pabrik Vanamon, Kecamatan Katapang. Saat detikcom mengecek TKP, tidak ada saksi yang melihat langsung insiden kecelakaan lalu lintas yang berlangsung pada Selasa (18/6) malam. Rata-rata warga yang ditemui hanya mengetahui kabar kecelakaan lalu lintas keesokan harinya.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed