detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 09:18 WIB

Pabrik Pengolahan Teh PTPN di Sukabumi Terbakar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pabrik Pengolahan Teh PTPN di Sukabumi Terbakar Pabrik pengolahan teh di Sukabumi terbakar. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Api membakar pabrik pengolahan teh milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Goalpara, Sukabumi, Jawa Barat. Insiden kebakaran ini diduga bersumber dari hubungan pendek arus listrik yang menyambar ke kayu bakar di ruang pengeringan.

Informasi dihimpun, peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui langsung oleh Administratur PTPN VIII Wawan Purnawarman, Kamis (20/6/2019), sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu Wawan melihat titik api bersumber dari ruang pengeringan teh.

"Saya mau salat subuh kontrol ke pabrik melihat ke ruang pengeringan nah kelihatannya titik api berasal dari situ dari korsleting listrik yang menyambar ke kayu bakar. Saat itu saya dengan kepala pabrik, berusaha memadamkan api," ujar Wawan kepada detikcom di lokasi kejadian.

Ia beserta pegawai berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun api sulit dipadamkan.

"Api keburu menyambar ke lantai pabrik yang terbuat dari kayu api makin sulit dipadamkan, akhirnya kami menghubungi pemadam kebakaran. Tidak lama empat unit mobil damkar datang dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi," tuturnya.

Wawan memperkirakan kerugian kurang dari Rp 100 juta, sejumlah mesin dan peralatan pengolah teh dalam kondisi aman begitu juga dengan teh produksi yang utuh.

"Hanya lantai kayu saja, kondisi mesin mati. Teh juga aman di ruang penyimpanan tidak sampai terkena sambaran api," ujar Wawan.

Titik-titik api sempat beberapa kali muncul. Asap mengepul dari atap bangunan berukuran besar tersebut, petugas pemadam masih menunggu di lokasi dan melakukan pemadaman titik api.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed