detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 17:08 WIB

Imbas Pelesiran Setya Novanto, 2 Pegawai Lapas Sukamiskin Dihukum

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Imbas Pelesiran Setya Novanto, 2 Pegawai Lapas Sukamiskin Dihukum Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat menghukum dua pegawai Lapas Sukamiskin. Mereka dihukum gegara lalai menjaga terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto hingga pelesiran ke toko bangunan di Padalarang.

Pemberian hukuman tersebut dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim asesmen Kanwil Kemenkum HAM Jabar usai tepergoknya Novanto pelesiran ke toko bangunan di Padalarang.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan pada tanggal 14 Juni terhadap sodara YAP dan SS. Masing-masing melanggar peraturan pemerintah dengan tidak melaksanakan tugas kedinasan, tidak cermat dan tidak bersemangat untuk kepentingan negara," ucap Kepala Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jabar Ceno Hersusetiokartiko di gedung Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019).


YAP merupakan komandan regu pengawalan di Lapas Sukamiskin. Sedangkan SS merupakan anggota pengawal Novanto saat eks ketua DPR RI itu dirawat di rumah sakit Santosa Bandung.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut Ceno, keduanya mendapatkan hukuman. Keduanya diberi hukuman pelanggaran disiplin.

"Untuk SS penundaan gaji berkala selama satu tahun dan YAP penundaan kenaikan pangkat," ucap Ceno.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak mengatakan pemberian sanksi tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban atas insiden pelesiran Novanto ke toko bangunan.

"Atas nama pimpinan wilayah, kami tetap menyatakan kesalahan ini ada di kami. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, petugas kami sudah dijatuhkan hukuman disiplin itu. Kami berharap peristiwa ini tidak terulang apalagi dengan modus yang sama," ujar Liberti.


Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.



Tonton video Jawaban Yasonna di Tengah Desakan Mundur:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed