detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 11:45 WIB

Masuki Musim Kemarau, 4 Daerah di Bandung Barat Rawan Air Bersih

Yudha Maulana - detikNews
Masuki Musim Kemarau, 4 Daerah di Bandung Barat Rawan Air Bersih Ilustrasi kekurangan air bersih/Foto: Charolin Pebrianti
Bandung Barat - Empat daerah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) rawan bencana kekurangan air bersih memasuki musim kemarau tahun ini. Empat wilayah itu yakni Cikalong Wetan, Cipatat, Batujajar dan sebagian wilayah Cililin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu arahan terkait penetapan status darurat siaga bencana dari BPBD provinsi.

"Belum sepenuhnya kemarau, sekarang masih peralihan karena kemarin masih ada hujan. Kalau pun misal ada permintaan air bersih, nanti kontak kami dan akan kami distribusikan," ujar Duddy saat ditemui detikcom di Ngamprah, Rabu (19/6/2019).

Duddy mengatakan, sejauh ini pihaknya menyiagakan lima unit mobil tangki air. "Urgensinya itu kebutuhan air bersih, sebagian ada untuk pertanian dan kebutuhan rumah tangga," katanya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengimbau agar dinas terkait dan warga melakukan upaya antisipasi untuk menghadapi musim kemarau. "Antisipasi itu harus kita lakukan, saya akan sampaikan ke sejumlah dinas, seperti pertanian untuk siaga menghadapi kemarau panjang," kata Aa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan, saat ini musim kemarau hampir merata terjadi di seluruh daerah di Jawa Barat.

Puncak musim kemarau tahun ini, menurut BMKG, akan terjadi pada bulan Agustus hingga September. "Masyarakat juga diminta waspada akan adanya krisis ketersediaan air bersih," ujar Aa.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed