detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 16:08 WIB

KPPU Usut Pelanggaran Pemenangan Tender Proyek di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
KPPU Usut Pelanggaran Pemenangan Tender Proyek di Jabar Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah menyelidiki kasus dugaan persaingan tidak sehat dalam proses lelang tender proyek pemerintah.

"Ada sudah masuk tentang indikasi persaingan tidak sehat. Secara lokasi, masih didapatkan dari wilayah Jawa Barat," ujar anggota komisioner KPPU Kodrat Wibowo saat ditemui di kantor KPPU Kanwil III Jabar, DKI Jakarta dan Banten di Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Selas (18/6/2019).

Kodrat mengatakan pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait kasus tersebut. Saat ini, kasus itu masih ditangani KPPU.

"Jenis kasusnya ini persaingan usaha dan pemenangan tender," kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kanwil III Jabar, DKI Jakarta dan Banten Aru Armando menuturkan laporan yang masuk terkait kasus tender di Jabar ini ada beberapa kasus. Namun untuk jumlah kasus yang ditangani lebih dari satu kasus namun masih di bawah 5 laporan.

"Kita menerima laporan, ada beberapa tapi kita nggak bisa sebutkan jumlahnya. Ada dari sektor tender dan logistik dalam pengawasan kita," kata Aru.

Aru juga tak bisa menjelaskan secara spesifik terkait laporan yang diterimanya. Namun yang pasti, laporan tersebut berkaitan dengan pemenangan tender di bagian logistik.

"Intinya di bidang logistik, di sektor pengadaan barang dan jasa. Sekarang masuk tahap akhir tinggal menunggu majelis memutuskan disidangkan atau tidak," kata dia.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed