detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 15:28 WIB

Jorok! Warga Baleendah Bandung Masih BAB Sembarangan

Wisma Putra - detikNews
Jorok! Warga Baleendah Bandung Masih BAB Sembarangan Foto: Wisma Putra
Bandung - Warga Kampung Cikawung RW 08, Kelurahan Wargamekar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung masih buang air besar (BAB) sembarangan.

Pantaunan detikcom, Selasa (18/6/2019), mereka BAB di empang yang ada di tengah pemukiman padat penduduk. Ada dua empang yang digunakan warga untuk BAB. Kondisinya sangat mengkhawatirkan, pasalnya hanya dibangun dengan material seadanya. Satu tempat BAB yang digunakan warga ditutupi sebuah asbes yang dibentuk persegi panjang tanpa atap dan satu lainnya hanya ditutupi menggunakan baliho bekas yang berbentuk persegi.

Ketua RW 08 Aep Saepudin (75) mengatakan, warga terpaksa BAB di tempat tersebut karena sebagian warga tidak memiliki MCK.

"Hampir 35 persen warga kami tidak memiliki MCK," kata Aep kepada detikcom, Selasa (18/6/2019).

Aep mengungkapkan, tempat BAB yang ada di tengah empang itu biasa digunakan oleh anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa mereka melakukan BAB di aliran sungai yang letaknya cukup jauh.

"Di sini ada lima tempat pemandian umum yang digunakan warga, tapi tidak ada yang dilengkapi septictank komunal," ungkapnya.

Ia berharap Pemkab Bandung agar segera membangun septictank komunal untuk warga. "Ya saya ingin diberikan fasilitas buat warga. Supaya lingkungan terlihat bersih," ujarnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed