detikNews
Senin 17 Juni 2019, 15:44 WIB

Barang Pribadi Dipindahkan, Novanto Habiskan Masa Pemidanaan di Gunung Sindur?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Barang Pribadi Dipindahkan, Novanto Habiskan Masa Pemidanaan di Gunung Sindur? Foto: Ari Saputra
Bandung - Lapas Sukamiskin telah mengirimkan barang-barang pribadi milik terpidana kasus korupso e-KTP Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur. Novanto kini mendekam di Gunung Sindur akibat pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang.

"Barang-barang Setnov sudah dibawa petugas Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur," ucap Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto saat dihubungi, Senin (17/6/2019).

Tejo menuturkan barang-barang milik eks Ketua DPR RI ini telah dibawa petugas sehari usai Novanto dipindahkan ke Gunung Sindur.

"Ada baju, celana dan obat-obatan. Dibawa petugas sekalian pemeriksaan lebih lanjut di Gunung Sindur," kata Tejo.

Disinggung kemungkinan Novanto akan tetap di Gunung Sindur untuk menjalani sisa masa tahanan, Tejo menyebut hal itu belum bisa dipastikan. Menurutnya, hasil pemeriksaan belum rampung dan nantinya akan dirapatkan di tingkat Kementerian Hukum dan HAM.

"Belum (dipastikan)," kata dia.

Dorongan agar Novanto tetap di Gunung Sindur sebelumnya diungkapkan oleh KPK. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap Novanto tetap ditahan di Gunung Sindur hingga masa penahanan selesai. Dia menegaskan agar kasus ini ditangani hingga tuntas agar terang benderang bagaimana Setya Novanto bisa bebas pelesiran di toko bangunan. Novanto sendiri saat ini ditempatkan di sel isolasi di Rutan Gunung Sindur.

"Ya sudah kalau begitu yang bersangkutan di-Gunung Sindur-in aja sampai selesai masa tahanan biar enggak buat macam penilaian pada criminal justice system NKRI kita," ujar Saut Situmorang.

Sebelumnya Novanto tepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.


Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed