detikNews
Senin 17 Juni 2019, 13:12 WIB

Polisi Tetap Selidiki Unsur Kecelakaan di Cipali yang Tewaskan 12 Orang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Tetap Selidiki Unsur Kecelakaan di Cipali yang Tewaskan 12 Orang Foto: Kecelakaan beruntun di Tol Cipali tewaskan 12 orang (Dok. Istimewa)
Bandung - Selain menyelidiki pengakuan penumpang menyerang sopir bus, polisi tetap menyelidiki unsur kecelakaan di Tol Cipali yang menyebabkan 12 orang tewas. Polda Jabar bekerja sama dengan Korlantas Mabes Polri guna menyelidiki kecelakaan tersebut.

"Terkait laka lantasnya, kita akan melakukan penyelidikan dengan sistem TAA (Traffic Accident Analysis) dengan Koorlantas Mabes Polri," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (17/6/2019).


Nantinya, menurut Truno, tim dari Korlantas dibantu Ditlantas Polda Jabar dan Polres Majalengka. Hasil penyelidikan menunggu hasil dari Mabes Polri.

"Pengungkapan metode ilmiah ini, kita akan menunggu hasilnya dari Korlantas," kata Truno.

Di samping itu, polisi juga tetap mengusut pengakuan dari salah seorang penumpang bernama Anshor (29). Pria berprofesi sekuriti itu menyerang sopir hingga akhirnya bus yang dikemudikan masuk ke jalur berlawanan.

"Untuk proses lebih lanjut kami akan lakukan penyelidikan lebih dalam," ucap Truno.


Kecelakaan beruntun di Tol Cipali Km 150+900 jalur B arah Jakarta yang melibatkan 4 kendaraan ini berlangsung Senin (17/6/2019), sekitar pukul 01.00 WIB. Menurut keterangan Truno, bus Safari datang dari arah Jakarta menuju ke Cirebon (jalur A).

Setibanya di TKP, diduga pengemudi mengantuk/kurang antisipasi sehingga kendaraan bus masuk median menyeberang ke jalur B. Selanjutnya bus tersebut menabrak kendaraan Innova, menabrak kendaraan Xpander dan kendaraan truk yang tengah melaju di jalur B.

Para korban tewas dibawa ke RSUD Cideres Majalengka, Jawa Barat. Selain menewaskan 12 orang, kecelakaan tersebut mengakibatkan 4 orang luka berat dan 20 lainnya luka ringan.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed