detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 13:11 WIB

Novanto Dipastikan Pelesiran Bareng Istri ke Toko Bangunan Padalarang

Mukhlis Dinillah - detikNews
Novanto Dipastikan Pelesiran Bareng Istri ke Toko Bangunan Padalarang Foto: Istimewa
Bandung - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto tepergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang. Saat pelesiran Novanto pergi bersama istrinya tanpa pengawalan.

"Pasti enggak dikawal lah, kan begitu ceritanya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Liberti Sitinjak saat dikonfirmasi, Minggu (16/6/2019).

Foto Novanto pelesiran ke Padalarang pada Jumat (14/6) beredar. Menurut Liberti, hari itu merupakan hari terakhir Novanto dirawat di rumah sakit Santosa Bandung. Ia diketahui dirawat di rumah sakit itu sejak tanggal 12 Juni 2019.

Ia menuturkan Novanto mengelabui petugas saat berada di rumah sakit. Novanto beralasan hendak membayar biaya perawatan rumah sakit.

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto sebelumnya menyebutkan pengawalan terhadap napi dilakukan oleh petugas lapas dan pihak kepolisian.

Kepolisian yang dimaksud diketahui berasal dari Polsek Arcamanik. Kapolsek Arcamanik Anang Suhanji membenarkan bila anggotanya ikut mengawal Novanto dari Lapas ke RS Santosa Bandung.

"Kalau kita waktu setnov permohonan berobat ke Santosa tanggal 11. Pada saat berangkat dari lapas ke rs prosesnya diopname. Polisi hanya mengawal, pengamanan di RS tanggungjawab lapas," tutur Anang via telepon.

Ia menegaskan anggotanya tidak ikut mengaw saat Novanto pelesiran ke toko bangunan di Padalarang. Anggotanya juga tidak lagi mengawal saat Novanto kembali ke Lapas Sukamiskin.

"Tidak ada pengawalan (ke toko bangunan). Setelah itu pulang, tidak ada minta pengawalan. Keterangan anggota saat pulang gak ada permintaan pengawalan," ujar Anang.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.


Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed