detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 10:44 WIB

Novanto Kelabui Petugas untuk Pelesiran, Bolehkah Napi Bayar RS Sendiri?

Mukhlis Dinillah - detikNews
Novanto Kelabui Petugas untuk Pelesiran, Bolehkah Napi Bayar RS Sendiri? Foto: Istimewa
Bandung - Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang. Novanto mengelabui petugas dengan dalih bayar biaya rumah sakit. Apakah napi boleh urus biaya sendiri?

"Kan kalau kita hanya mempunyai persediaan obat-obat dan persediaan uang obat yang terbatas. Jadi kalau penyakitnya parah juga itu, ya sudah seperti itulah ceritanya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Liberti Sitinjak saat dihubungi, Minggu (16/5/2019).

Novanto sendiri diketahui memiliki sakit jantung koroner dan merasa nyeri bagian bahu. Saat kabar heboh soal Novanto makan nasi padang di RSPAD Jakarta pada April 2019 misalnya, Kemenkum HAM sempat menjelaskan secara rinci sakit yang diderita eks Ketua DPR RI itu.

Saat itu dia menjalani serangkaian tindakan medis terkait penyakitnya. Penyakit yang diderita Novanto antara lain aritmia, CAD (coronary artery disease), vertigo, perifer, LBP (low back pain), diabetes melitus tipe 2 (DMT2), dan CKD (chronic kidney disease).

Sebelumnya, Liberti menuturkan Novanto berada di rumah sakit Santosa Bandung sejak 12 Juni 2019. Novanto seharusnya kembali ke Lapas Sukamiskin kemarin. Namun, dia justru pelesiran hingga ke toko bangunan mewah di Padalarang.

Upaya Novanto pelesiran dengan cara mengelabui pengawal. Setnov yang dirawat di lantai 8 rumah sakit itu, meminta izin untuk ke lantai dasar membayar biaya administrasi rumah sakit.

"Dia permisi ke bawah alasannya untuk bayar perawatan administrasi," kata dia.

Petugas begitu saja percaya dengan Novanto. Mengingat, saat minta izin, koruptor proyek e-KTP itu menggunakan kursi roda ditemani istrinya.

"Anak buah kita itu terlalu percaya, sehingga dia tidak ikut ke bawah karena masih banyak barangnya di kamar perawatan," kata Liberti.

Petugas pengawal lantas menunggu di ruang perawatan Novanto. Namun, setelah dua jam berlalu, Novanto tak kunjung kembali ke ruang perawatannya.

"Saat dicek ke bawah ternyata enggak ada, dia (pengawal) tunggu-tunggu, baru masuk atau kembali lagi pukul 17.45 WIB," kata Liberti.


Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed