detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 14:06 WIB

Pemkot Bandung Kaji Lokasi Mal Pelayanan Publik

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Kaji Lokasi Mal Pelayanan Publik Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung berjanji menghadirkan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan mal pelayanan publik (MPP) yang saat ini masih proses kajian.

Siang tadi, Jumat (14/6/2019), Wali Kota Bandung Oded M Danial menggelar pertemuan dengan Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa di Pendopo, Kota Bandung. Dalam pertemuan itu, Oded mendapat masukan terkait rencana pembangunan MPP.


Oded menyatakan pihaknya telah memiliki wacana besar untuk membangun MPP. Tujuannya, untuk memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus berbagai proses perizinan.

"Kami sudah ada wacana, tempat yang kita rencanakan. Tapi kita sedang kaji dimana yang tepat untuk MPP," kata Oded.

Menurutnya, ada dua lokasi yang disiapkan untuk pembangunan MPP yaitu eks Mal Matahari di Jalan Banceuy dan aset Pemkot yang berada di Jalan Cianjur. "Rencana titik kami lihat eks Matahari Banceuy. Atau kami akan gunakan Jalan Cianjur. Nanti kita relokasi dinas PU nya dan DBMPTSP Kota Bandung. Tapi nanti akan kita kaji dulu (mana yang cocok)," ucapnya.

Untuk pembangunannya, Oded mengungkapkan, baru bisa dilakukan 2020 mendatang. Sebab, tahun ini tidak ada slot anggaran untuk pembangunan yang diperkirakan memakan anggaran hingga miliaran rupiah.

"Tahun ini DED-nya (detail engineering design). Karena sekarang sudah Juni, anggaran sudah jalan (tidak ada slot untuk pembangunan MPP)," ujar Oded.


Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa menyambut baik rencana yang digulirkan Pemkot Bandung. Pasalnya dia melihat akan ada banyak manfaat yang dirasakan masyarakat melalui pembangunan MPP.

Pihaknya juga menyatakan siap membantu Pemkot Bandung dalam mewujudkan pembangunan tersebut. Kemenpan RB melalui bidangnya akan memberi masukan dan mensupervisi dalam pembangunannya.

"Kami bersedia untuk membantu mensupervisi tidak hanya tahap awal, sampai nanti berjalan pun akan terus kami bantu untuk evaluasi memberikan saran dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait di level pusat," ujarnya.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed