DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 21:26 WIB

Catat! Begini Alur Pendaftaran PPDB SMA-SMK di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Catat! Begini Alur Pendaftaran PPDB SMA-SMK di Jabar Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika saat simulasi PPDB. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Bandung - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SMA-SMK di Jawa Barat akan segera dibuka. Bagaimana cara peserta mendaftar PPDB di sekolah negeri?

Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menjelaskan tahapan-tahapan pendaftaran pendaftaran di sekolah yang dituju. Penjelasan dilakukan melalui metode simulasi yang berlangsung di SMA Negeri 2 Bandung, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (12/6/2019) sore.


Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika bertindak sebagai orang tua peserta. Ia dilayani langsung oleh petugas PPDB di SMA tersebut.

Dalam simulasi, sebelum masuk ke proses pendaftaran, peserta mengambil nomor antrean terlebih dahulu. Peserta nantinya akan dipanggil oleh petugas PPDB sekolah untuk duduk dibangku pendaftaran.

Di meja pendaftaran ini, orang tua peserta diminta menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan pendaftaran dari mulai KTP hingga Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) anaknya.

Catat! Begini Alur Pendaftaran PPDB SMA-SMK di JabarSimulasi pendaftaran PPDB tingkat SMA-SMK. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Lalu setelah berkas diserahkan, petugas melakukan pengecekan. Usai berkas dinyatakan lengkap, peserta lalu menuju ke meja penentuan koordinat.

Di tahap ini, petugas akan tentukan jarak kediaman peserta dengan lokasi sekolah. Tahapan ini disebut juga dengan nama penentuan zonasi. Peserta atau orang tua peserta akan duduk bersebelahan dengan petugas sambil menatap layar monitor yang menampilkan peta wilayah.


Usai penentuan titik koordinat, peserta kembali mengambil nomor antrean untuk masuk ke area entri data. Di area ini, ada 4 meja yang merupakan jalur tahapan pendaftaran. Ada jalur zonasi murni, kombinasi antara zonasi murni dan keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), prestasi UN dan non prestasi UN, serta jalur perpindahan orang tua.

Di area ini, data-data peserta akan diinput untuk nantinya terdaftar ke dalam sistem. Proses pendaftaran selesai dan peserta tinggal menunggu hasil seleksi yang dilakukan oleh sistem.

"Target dari simulasi ini memberikan informasi terutama melihat bagaimana praktik dan situasi lapangan terkait dengan peningkatan pemahaman untuk alur pendaftaran saat PPDB," kata Dewi.

Catat! Begini Alur Pendaftaran PPDB SMA-SMK di JabarProses simulasi PPDB. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Dewi menegaskan secara keseluruhan sekolah-sekolah SMA dan SMK negeri di Jabar sudah siap menerima para pendaftar. Para petugas juga telah memahami aturan main hingga tahapan-tahapan pendaftaran.

"Insyaallah seluruh kabupaten-kota, saya rasa sudah melaksanakan persiapan peningkatan SDM itu sendiri. Kemudian penyiapan sarana dan prasarana, serta peraturan-peraturan dalam hal ini memberi kemampuan dan pemahaman ke seluruh orang tua kelas 9 yang anaknya mau daftar ke SMA atau SMK," tutur Dewi.
(dir/bbn)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed