DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 16:59 WIB

Bupati Ajak Warga Tolak Kekerasan dan Kerusuhan di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Bupati Ajak Warga Tolak Kekerasan dan Kerusuhan di Tasikmalaya Forkopimda dan warga Kabupaten Tasikmalaya deklarasi tolak aksi kekerasan dan kerusuhan. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Forkopimda dan sejumlah ulama Kabupaten Tasikmalaya menggelar deklarasi menolak kekerasan dan kerusuhan dalam bentuk apapun. Deklarasi ini juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan masyarakat umum.

Deklarasi tersebut digelar usai acara open house atau halal bihalal di Pendopo Baru Tasikmalaya, Jalan Raya Bypass, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (12/6/2019).


Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto langsung membacakan deklarasi damai tersebut. Secara singkat, isi deklarasi adalah menolak segala bentuk kekerasan dan kerusuhan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Sebagai warga negara yang sadar hukum dan mencintai kedamaian, sepatutnya terus bersyukur dengan telah terselenggaranya Pileg-Pilpres 2019 yang damai, aman dan kondusif di Kabupaten Tasikmalaya. Perbedaan harus dimaknai dalam kerangka persatuan agar tercipta perdamaian di tengah warga bangsa" ujar ade.

Ade meminta agar perbedaan pilihan tidak jadi alat untuk memecah belah persatuan bangsa. "Perbedaan jangan sampai dijadikan oleh oknum tertentu sebagai alat pemecah belah persatuan," ucapnya.


Di tempat yang sama, Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra mengapresiasi langkah pemerintah daerah menggelar deklarasi tolak kekerasan dan kerusuhan. Kepolisian berharap agar sengketa Pileg-Pilpres diserahkan sepenuhnya pada Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga yg berwenang untuk menyelesaikan.

"Di hari yang baik ini, masih dalam suasana Lebaran, mari kita sambung lagi tali silaturahmi yang sempat renggang akibat perbedaan pilihan. Mari sama-sama kita jaga kondusifitas Kabupaten Tasikmalaya agar Tasikmalaya lebih maju lagi di segala bidang," ujar Dony.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed