Arus Mudik-Balik Lebaran, KAI Angkut 4,6 Juta Penumpang

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 10 Jun 2019 20:44 WIB
Stasiun Cirebon (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 4,6 juta penumpang memanfaatkan kereta saat arus mudik-balik Lebaran 2019. Angka tersebut dipastikan bertambah hingga H+10 mendatang atau 16 Juni, sesuai perhitungan PT KAI.

"Sampai pagi tadi itu sudah ada 4,6 juta penumpang yang terangkut. Prediksi kita 6,4 juta, ini total mudik dan balik. Ini bisa terus bertambah hingga H+10," kata Dirut PT KAI Edi Sukmoro usai inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, (10/6/2019).


Edi menjelaskan lonjakan penumpang kereta api masih terasa hingga kini. Ia tak menyangka puncak arus balik Lebaran berlangsung lama. "Sampai hari ini angkanya masih tinggi. Prediksi puncak hari Minggu kemarin. Ternyata semua Daop masih tinggi hingga hari ini," ujarnya.

Selain itu, menurut Edi, jumlah penumpang tujuan arah Jawa juga tercatat masih tinggi. "Menurut dugaan Daop 6 Yogyakarta, itu karena anak-anak masih libur. Kita masih siaga," ucapnya.

Edi telah menginstruksikan semua Daop untuk memperhatikan lintasan sebidang agar tetap dijaga. Terlebih lagi lintasan sebidang tak berpalang pintu.

(bbn/bbn)