detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 21:52 WIB

8 Orang Luka Akibat Jembatan Kayu Ambruk di Bandung Barat

Yudha Maulana - detikNews
8 Orang Luka Akibat Jembatan Kayu Ambruk di Bandung Barat Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Bandung Barat - Delapan orang terluka akibat ambruknya jembatan penyeberangan wahana flying fox di Bumi Perkemahan (Buper) Tangsi, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (8/6) siang kemarin.

Jembatan kayu sepanjang 17 meter itu diduga ambruk karena kelebihan kapasitas saat digunakan oleh 22 orang anggota rombongan alumni SMPN Rongga untuk berswafoto. Pengelola Buper Tangsi, Soleh Hidayat mengatakan, sebenarnya jembatan itu hanya bisa menampung beban maksimal lima orang dan bukan titik (spot) berswafoto.

"Kami sebenarnya sudah memasang rambu-rambu peringatan kalau jembatan itu hanya sebagai tempat penyeberangan, bukan sebagai spot swafoto," kata Soleh saat dihubungi detikcom, Minggu (9/6/2019).

Soleh mengatakan, saat kejadian pun pihaknya segera melakukan evakuasi dan pertolongan kepada korban. Delapan orang mengalami luka, dua di antaranya mengalami luka berat dalam insiden tersebut.

"Kami berikan P3K, ada yang diberikan pengobatan tradisional dan medis, kami juga mengantarkan korban ke rumah masing-masing, karena ini merupakan tanggung jawab kami sebagai pengelola," ujarnya.

Sementara untuk dua orang yang mengalami luka berat dilarikan ke Rumah Sakit Dustira. Mereka adalah Eti Rosita, warga Cijerah yang mengalami patah kaki dan Dedah, warga Cilanang, yang mengalami luka di tulang belakang dan rusuk.

"Untuk korban yang lainnya, mereka mengalami luka lebam dan terkilir," ucap Soleh.

Administratur Perhutani KPH Bandung Selatan Tedy Sumarto mengatakan saat ini pihak pengelola sedang berkoordinasi dengan pihak korban terkait penanganan kesehatan. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan korban pihak muspika setempat," kata Tedy.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed