detikNews
Minggu 02 Juni 2019, 14:25 WIB

Polisi Imbau Siskamling Ditingkatkan Jaga Rumah Warga yang Mudik

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Imbau Siskamling Ditingkatkan Jaga Rumah Warga yang Mudik Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Sebagian pemukiman bakal ditinggal penghuni untuk mudik lebaran. Guna mencegah tindak pidana, polisi meminta masyarakat yang tidak mudik menggiatkan siskamling atau ronda.

"Kami berharap masyarakat tetap mengaktifkan kegiatan pos kamling," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Minggu (2/6/2019).


Irman mengatakan kondisi rumah yang ditinggal penghuni untuk mudik dalam waktu lama terbilang rawan. Pelaku-pelaku kejahatan biasanya mengincar rumah-rumah yang ditinggal oleh pemudik.

Selain meminta masyarakat yang tidak mudik untuk siskamling, polisi juga meminta masyarakat yang mudik untuk proaktif melapor ke RT, RW atau keamanan setempat.

"Kami berhadap pada pemudik yang mau meninggalkan rumah, agar menginformasikan kepada RT, RW setempat termasuk kepada sekuritinya," kata Irman.


Polisi bakal melakukan patroli ke rumah-rumah warga. Personel polsek maupun polres dibantu aparat TNI siap membantu mengamankan rumah warga yang ditinggal.

"Kami dari kepolisian bekerja sama dengan TNI melakukan pendekatan sekaligus patroli. Jadi ada sinergi peran masyarakat melakukan siskamling dan kami patroli. Supaya masyarakat yang mudik pulang kampung aman ketika meninggalkan rumah," kata dia.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed