Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Cimahi Diprediksi Rp 150 Ribu/Kg

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Cimahi Diprediksi Rp 150 Ribu/Kg

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 31 Mei 2019 16:21 WIB
Ilustrasi penjual daging sapi. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi penjual daging sapi. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Cimahi - Sejumlah pedagang di Pasar Atas Baru Kota Cimahi memprediksi harga daging sapi akan melonjak naik jelang Lebaran 2019. Sebab, stok daging sapi lokal mulai menipis dari Jakarta.

Hidayat (47), salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Atas Baru mengatakan, saat ini harga daging sapi menyentuh Rp 115 ribu per kilogram atau naik Rp 5 ribu dari harga sebelumnya.


Hidayat mengatakan pasokan daging dari Jakarta tak stabil. Sementara permintaan terus meningkat, apalagi menjelang Lebaran. "Stoknya menipis, enggak stabil dari Jakartanya," ucap Hidayat saat ditemui di Pasar Atas Baru, Jalan Kolonel Masturi, Cimahi, Jawa Barat, Jumat (31/5/2019).

Jika terus mengandalkan sapi lokal, ia khawatir kebutuhan konsumen tak terpenuhi. "Pas munggahan kemarin sempat naik juga sampai Rp 120 ribu per kilogram. Kalau lebaran nanti diprediksi bisa sampai 150-160 ribu per kilogram," kata Hidayat.

Untuk itu, Hidayat berharap pemerintah segera menerapkan kebijakan daging sapi impor. Seperti halnya impor bawang putih belakangan ini.

"Saran dari pedagang supaya harganya bisa seimbang, harus ada impor daging. Kalau ada impor pasti harga akan stabil," ucap Hidayat.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan impor daging sapi merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. "Seperti halnya bawang putih kemarin dari Rp 90 ribu menjadi Rp 40 ribu karena impornya lancar, kalau untuk stabilkan harga mungkin impor bisa menjadi salah satu solusinya," kata Ajay.



Simak Juga 'Sidak Daging Jelang Lebaran, Antisipasi Virus Anthraks':

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)