detikNews
Senin 27 Mei 2019, 17:00 WIB

Dear Warga, Waspadai Jalur Pegunungan Saat Mudik Lewat Garut

Hakim Ghani - detikNews
Dear Warga, Waspadai Jalur Pegunungan Saat Mudik Lewat Garut Tanjakan Panganten di Garut salah satu titik yang harus diwaspadai saat mudik. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Kabupaten Garut merupakan salah satu jalan yang kerap dilintasi pemudik setiap musim mudik lebaran tiba. Polisi memiliki tips bagi para pemudik yang hendak melalui jalur Garut.

Kasatlantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro mengatakan jalur Garut terdiri dari tanjakan dan tikungan serta beberapa jalan yang curam karena kebanyakan merupakan kawasan pegunungan. Saat melintasi jalur pegunungan, Rizky mengimbau pengendara untuk tak saling mendahului.

"Jika menelusuri jalan pegunungan, disarankan tidak mendahului kendaraan di depannya karena sangat berbahaya. Perlu diketahui kontur jalan pegunungan itu tanjakan, turunan dan belokan tajam. Jadi utamakan keselamatan," ucap Rizky kepada wartawan di Mapolres Garut, Senin (27/5/2019).


Ada sejumlah jalur di Garut yang cukup berbahaya karena berada di tebing perbukitan. Di antaranya adalah kawasan Tanjakan Panganten di Kecamatan Pamulihan serta Tuturan Leles di Kecamatan Leles. Tanjakan Panganten akan dilalui pemudik yang masuk ke Garut melalui Cidaun dan Cianjur. Sementara Tutugan Leles terletak di jalur Kadungora-Leles.

Kedua jalan itu cukup bahaya dan kerap terjadi kecelakaan. "Jalannya memang variasi tikungan tajam, tanjakan dan turunan yang curam," Katanya.

Rizky menekankan, ada 3 hal yang harus diperhatikan saat pemudik melintasi jalur Garut. Yang pertama adalah menyiapkan kondisi fisik pengemudi. Pemudik yang masuk Garut dilarang keras menggunakan alkohol saat berkendara.

"Yang kedua, siapkan juga kendaraannya. Cek semuanya dari mulai surat-surat, mesin, hingga ban dan rem. Tujuannya itu untuk menghindari kecelakaan karena gangguan pada kendaraan," ujar Rizky.


Selain itu, polisi juga meminta agar pemudik mematuhi peraturan lalu lintas. Rizky mengatakan, di Garut akan ada rambu lalu lintas yang sifatnya tetap dan sementara.

"Ikuti arahan petugas kami di lapangan dan selalu utamakan keselamatan sebagai kebutuhan," ujar Rizky.



Simak Juga 'Menhub Minta Semua Wilayah Cek Kelaikan Bus':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed