DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 13:03 WIB

Puncak Mudik di Terminal Cicaheum Diprediksi Terjadi H-3 Lebaran

Mochamad Solehudin - detikNews
Puncak Mudik di Terminal Cicaheum Diprediksi Terjadi H-3 Lebaran Terminal Cicaheum, Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Jakarta - Puncak arus mudik di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, diprediksi akan terjadi pada H-3 Lebaran 2019. Saat ini jumlah penumpang di terminal tersebut masih terpantau normal.

"Kita prediksi puncak arus mudik di Terminal Cicaheum pada H-3 atau H-2," kata Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto di Terminal Cicaheum, Senin (27/5/2019).


Selain itu, kata dia, tahun ini diprediksi bakal ada 49 ribu pemudik yang berangkat dari Terminal Cicaheum. Jumlah tersebut diperkirakan naik 5 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 46.898 pemudik.

"Kita prediksi jumlah pemudik naik 5 persen. Karena kita lihat ada kecenderungan kenaikan," ucapnya.

Untuk Armada yang disiapkan pada tahun ini totalnya ada 203 bus. Jumlah tersebut terdiri dari 86 unit bus AKAP, 82 bus AKDP, 20 bus bantuan dari Perum Damri dan 15 bus cadangan. "Jumlah sit (kursi) untuk tahun ini ada 8.232 sit," ucapnya.


Disinggung mulai ada pegerakan penumpang, saat ini dia menyatakan belum ada lonjakan. Pihaknya prediksi lonjakan jumlah penumpang baru akan dimulai pada Sabtu (1/6/2019). "Saat ini masih relatif normal karena masih belum memasuki libur," katanya.

Ia mengaku telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menghadapi arus mudik tahun ini. Mulai dari pengecekan aramada bus hingga menggelar tes urine bersama Polrestabes Bandung dan BNN Kota Bandung.

"Untuk kesiapan terminal kita juga ada fasilitas tambahan. Seperti ruang tunggu biasanya hanya ada satu di bawah, sekarang ada tambahan di atas dan di dalam," ujarnya.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed