DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 12:37 WIB

Cisumdawu Dibuka, Polisi Tetap Siaga di Jalur Cadas Pangeran

Wisma Putra - detikNews
Cisumdawu Dibuka, Polisi Tetap Siaga di Jalur Cadas Pangeran Polisi waspadai jalur mudik Cadas Pangeran, Sumedang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Sumedang - Sebagian ruas Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) sudah mulai bisa digunakan sebagai jalur alternatif mudik lebaran. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi antrean kendaraan di jalur mudik utama di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

Meski demikian, Jalur Cadas Pangeran tetap bisa digunakan untuk mudik lebaran bagi kendaraan dari arah Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya.


Dari hasil pemantauan di Cadas Pangeran, masih terdapat pembatas jalan yang mengalami kerusakan. Selain itu, kondisinya minim Penerangan Jalan Umum (PJU).

Pihak kepolisian mengimbau agar para pengguna jalan yang mudik melintasi Cadas Pangeran untuk tetap berhati-hati. "Imbauannya patuhi rambu dan marka jalan. Cadas Pangeran tetap digunakan, sebagian ruas Tol Cisumdawu yang dibuka hanya jalur alternatif," kata Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo via pesan singkat, Senin (27/5/2019).


Seperti diketahui di Jalur Cadas Pangeran sendiri selama ini dikenal sebagai daerah rawan kecelakaan lalu lintas. Selain itu wilayah tersebut juga rawan longsor.

Untuk mengantisipasi terjadi longsor, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan pemerintah dan SAR Jabar untuk siaga bersama. "Antisipasi (longsor) di Jalur Cadas Pangeran kita siapkan alat berat," katanya.
Cisumdawu Dibuka, Polisi Tetap Siaga di Jalur Cadas PangeranFoto: Wisma Putra
Sementara untuk mengantisipasi antrean kendaraan, pihaknya juga menyiapkan tim urai dari Satlantas Polres Sumedang. Sama seperti tahun sebelumnya, di jalur ini jug akan diberlakukan sistem satu arah atau one way.

"One way sepenggal dari kota menuju Cadas Pangeran dan sebaliknya dari Cadas Pangeran menuju kota. Buka tutup, kemudian berlakukan searah mana yang prioritas harus kita urai," ujar Hartoyo.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed