DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 12:10 WIB

Truk Masuk Parit Tewaskan Sopir, Jalur Bandung-Cianjur Padat Merayap

Yudha Maulana - detikNews
Truk Masuk Parit Tewaskan Sopir, Jalur Bandung-Cianjur Padat Merayap Foto: Yudha Maulana
Bandung Barat - Sebuah truk kontainer masuk ke dalam parit di jalur penghubung Cipatat - Cianjur tepatnya di Kampung Cisaladah, Desa Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (27/5/2019) sekitar pukul 04.00 WIB.

Pantauan detikcom, kondisi bagian depan truk bernopol B 9136 UQ rusak parah, bahkan ringsek total. Diduga truk yang akan mengirim muatan dari Cikalong Wetan ke Cianjur itu mengalami malfungsi rem.

"Remnya baru diservis jadi masih keras, sehingga tidak bisa mengantisipasi turunan di sini," kata Kanitlakalantas Polres Cimahi, Ipda Erin Heriduansyah di lokasi kejadian.

Erin mengatakan sopir meninggal dunia akibat terjepit. Sementara kernet berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke luar truk. "Saat ini kernet masih dalam penanganan di RS Kawaluyaan Padalarang," ujar Erin.

Di lokasi kejadian tampak dua unit mobil pengangkut (crane) berikut sejumlah petugas kepolisian yang mengatur arus lalu lintas. Tampak juga kerumunan warga yang ingin melihat proses evakuasi.

Kepadatan kendaraan terjadi, imbas dari kecelakaan tersebut. Pantauan detikcom, antrean kendaraan sepanjang kurang lebih 3 kilometer terjadi dari arah Padalarang, tepatnya di Jalan Raya Padalarang, Situ Ciburuy hingga Kampung Cisadalah, Cipatat.
Truk Masuk Parit Tewaskan Sopir, Jalur Bandung Cianjur Padat MerayapFoto: Yudha Maulana

Sementara dari arah sebaliknya, antrean kendaraan terjadi sepanjang kurang lebih 2 kilometer tepatnya sejak Kampung Cibogo, Desa Citatah. Tampak sejumlah kendaraan baik roda dua atau empat tertahan di sekitar lokasi kejadian.

"Kepadatan kendaraan tak akan terhindarkan karena kami menggunakan dua alat berat untuk mengevakuasi korban," ujar Kanitlakalantas Polres Cimahi, Ipda Erin Heriduansyah saat ditemui di lokasi kejadian.

Untuk mengantisipasi kepadatan, petugas pun memberlakukan buka tutup jalur terutama bagi kendaraan roda dua di lokasi kejadian. Hingga pukul 10.30 WIB proses evakuasi masih dilakukan oleh petugas.

Wahyu (34), warga Cianjur, sempat bingung melihat kepadatan di jalur tersebut. "Saya kira ada apa, tadi sempat menunggu lama lumayan sekitar satu jam, mudah-mudahan cepat selesai evakuasinya," kata Wahyu.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed