DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:56 WIB

Tim SAR Cari Kuli Bangunan yang Hilang di Sungai Cicatih Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tim SAR Cari Kuli Bangunan yang Hilang di Sungai Cicatih Sukabumi Tim SAR mencari kuli bangunan yang terseret arus Sungai Foto: Syahdan Alamsyah
Cianjur - Basarnas Pos SAR Sukabumi menerjunkan personelnya untuk mencari kuli bangunan, Sobirin, yang hilang setelah jatuh bersama dua orang rekannya akibat tertimpa kanopi, Minggu (26/5). Edwin Purnama, komandan regu tim pencarian, menjelaskan pihaknya dibantu sejumlah relawan dan TNI-Polri akan menyisir radius 10 hingga 12 kilometer dari lokasi korban dinyatakan hilang di Sungai Cicatih Sukabumi.

"Kita akan coba fokus di tiga titik, dibantu dari Pramuka Peduli, Wanadri, ACT dan beberapa relawan lainnya untuk menyisir hingga sejauh 10 sampai 12 kilometer," kata Edwin, Senin (27/5).

Menurut Edwin, ada beberapa kesulitan yang dihadapi tim SAR di lokasi, arus sungai yang kuat dan penuh bebatuan. "Arusnya kuat, sebagian kita kita melakukan pencarian menggunakan perahu karet ini yang membuat tantangannya lebih," ucapnya.

Ada tiga regu yang nantinya menyisir tiga titik dari sepanjang lokasi korban hilang hingga titik kemungkinan korban terbawa arus air.

"Kita menempatkan regu pertama di lokasi korban hilang, regu kedua di pertengahan sungai dan regu ketiga di bendungan Sungai Cicatih. Kita punya waktu hingga tujuh hari atau satu minggu ke depan," tutur Edwin.


Tiga kuli bangunan jatuh setelah kanopi yang menempel di bagian atas bangunan copot dan menimpanya saat itu berdiri di atas pelat besi. Satu pekerja tewas, satu orang selamat dan satu lainnya hilang.

Peristiwa tersebut berlangsung sekitar pukul 08.30 WIB ini bermula saat tiga pekerja, Gareng, Sobirin dan Bisri berada di bagian belakang bangunan tepat di atas Sungai Cicatih, Komplek Pertokoan Cibadak, Sukabumi. "Saya enggak melihat langsung, tiga teman saya itu memang bagian mengerjakan di belakang sementara saya di depan. Tiba-tiba ada suara benda jatuh, saya langsung merasa itu teman-teman saya jatuh ke bawah," kata Sobari (33) salah seorang teman korban, Minggu (26/5/2019).

"Gareng selamat, sementara Bisri meninggal ditempat. Satu lagi teman saya Sobirin belum diketahui nasibnya, posisi mereka berada di sungai sempat tertimbun kanopi," Sobari menambahkan.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed