DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 14:43 WIB

1.405 Petugas Kebersihan Disiagakan di Bandung saat Arus Mudik

Mochamad Solehudin - detikNews
1.405 Petugas Kebersihan Disiagakan di Bandung saat Arus Mudik Ilustrasi petugas kebersihan. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - PD Kebersihan Kota Bandung menyiapkan 1.405 petugas guna menghadapi arus mudik dan libur Lebaran tahun ini. Mereka akan disiagakan untuk tetap menjaga kebersihan Kota Bandung.

Ribuan petugas kebersihan terdiri atas penyapu, pengangkut, pengemudi itu akan disiagakan selama 10 hari mulai 31 Mei-9 Juni 2019 mendatang. Para petugas itu akan dikerahkan untuk mengantisipasi timbunan sampah selama musim mudik dan libur Lebaran.

"Kami sudah mengkondisikan, sebagian besar pegawai kami tidak libur. Jadi total kita kondisikan di malam takbiran ada 1.405 orang yang tetap bekerja," kata Direktur Umum PD Kebersihan Gun Gun Saptari saat dihubungi, Minggu (26/5/2019).


Dia menuturkan, ribuan petugas sengaja disiapkan untuk mengantisipasi adanya peningkatan volume sampah. Apalagi pada momen libur Lebaran volume sampah di Kota Bandung selalu mengalami kenaikan, terutama di pusat-pusat keramaian seperti tempat wisata.

"Secara keseluruhan di hari H, jumlah sampah tidak meningkat. Hanya di beberapa titik saja seperti di Alun-alun Bandung rata-rata naik 10-30 persen saat hari Lebaran," ucap Gun Gun.


Selain menyiagakan ribuan petugas, PD Kebersihan juga menyiapkan langkah antisipasi bila ada kendala dalam proses pengangkutan sampah. Karena biasanya TPA Sarimukti ditutup sementara hingga pelaksanaan salat Idul Fitri.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan tempat pembuangan sementara (TPS) dan kantor wilayah agar sampah tetap bisa tertangani dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat yang sedang merayakan Lebaran.

"Normalnya operasional TPA Sarimukti dari pukul 03.00 WIB-18.00 WIB. Tapi saat hari H Lebaran, baru beroperasi setelah salah Id," ujar Gun Gun.


Simak Juga "Lokasi SPBU di Tol Jawa dan Sumatera":

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed