detikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 03:24 WIB

Cerita Damkar Selamatkan 5 Korban Terjebak Kebakaran di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cerita Damkar Selamatkan 5 Korban Terjebak Kebakaran di Sukabumi Petugas damkar berupaya memadamkan api yang menghanguskan restoran di Kota Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Si jago merah menghanguskan satu restoran di Pusat Perniagaan di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, Jumat (24/5) sore. Sejumlah pengunjung yang akan buka puasa panik berlarian keluar restoran.


Kebakaran yang diduga berasal dari selang penghubung antara gas dan kompor itu tiba-tiba menyemburkan api hampir setinggi 5 meter ke udara. Di antara kepanikan itu, ada lima pengunjung dan karyawan yang menyelamatkan diri ke arah dalam ruang restoran. Mereka panik karena pintu menuju keluar terhalang dinding api yang menyembur dari dapur yang berada di ruangan depan.


Selang beberapa menit petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba di lokasi. Saat itu ada tiga unit mobil damkar yang langsung melakukan proses pemadaman. Sadar ada orang yang terjebak di dalam ruangan, seorang petugas bernama Adera Rizky masuk untuk melakukan evakuasi dibantu rekannya yang menyemprotkan air bertekanan tinggi.

"Petugas Damkar itu masuk ke dalam, rekan-rekannya nyemprotin air ke arah api. Lima orang yang terjebak di dalam ruangan belakang berhasil diselamatkan, warga juga sampai tepuk tangan melihat aksi itu," ucap salah seorang warga sekitar Rizal.
Cerita Damkar Selamatkan 5 Korban Terjebak Kebakaran di SukabumiAdera Rizky. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sementara itu Adera Rizky mengatakan aksi penyelamatan dilakukannya dengan berbekal teknik evakuasi saat situasi kebakaran. Ia lalu spontan masuk ke dalam dengan dibantu teman-temannya.

"Saya spontan saja masuk, sama teman-teman dinding api yang menghalangi bagian depan dijinakkan dulu. Setelah agak padam saya langsung masuk ke dalam dan ngeluarin mereka satu per satu," ujarnya kepada detikcom.

Menurut Adera, kelima orang itu terjebak selama hampir 30 menit. Kondisi mereka terlihat lemas begitu dikeluarkan dari dalam bangunan berlantai tiga tersebut.

"Ada dua perempuan dan tiga pria yang berhasil dibawa keluar. Mereka kemudian ditolong oleh petugas medis di lokasi," katanya.
Cerita Damkar Selamatkan 5 Korban Terjebak Kebakaran di SukabumiFoto: Syahdan Alamsyah
Total ada lima kendaraan damkar dengan 25 petugas yang berjibaku memadamkan api agar tidak merembet ke pertokoan lainnya. Pihak kepolisian dari Polresta Sukabumi menggelar penyelidikan terkait peristiwa tersebut.

"Saat api menyala kondisi restoran sedang banyak pengunjung. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Ada beberapa pengunjung yang terjebak namun berhasil dievakuasi petugas," kata Wakapolresta Sukabumi Kompol Sulaeman Salim.

Menurut Sulaeman, sumber api diduga dari selang penyambung kompor gas yang bocor. Khawatir terjadi ledakan, beberapa tabung gas dikeluarkan dari area yang terbakar.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com