DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 02:41 WIB

250 Tenda Iktikaf Diprediksi Akan Berdiri di Masjid Habiburrahman

Mukhlis Dinillah - detikNews
250 Tenda Iktikaf Diprediksi Akan Berdiri di Masjid Habiburrahman Masjid Habiburrahman Bandung. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Tradisi mendirikan tenda untuk iktikaf di Masjid Habiburrahman Bandung terus diminati masyarakat. Tahun ini, diperkirakan ada 250 tenda jemaah dari berbagai daerah di Indonesia yang berdiri di masjid tersebut.

Sejak jauh-jauh hari masyarakat yang ingin iktikaf di Masjid Habiburrahman harus mendaftarkan diri dan keluarganya. Pendaftaran dilakukan karena kapasitas pelataran masjid yang terbatas.

"Kalau sekarang daftar pakai tenda ada sekitar 250 an. Itu kan bagi yang mau mukim, biar enggak rebutan makanya harus daftar, dikasih kavling bagi yang mau mukim sama keluarga," kata Ketua Ramadhan Masjid Habiburrahman Satya Krisnawan kepada detikcom, Jumat (24/5/2019).


Ia menuturkan tradisi tahun-tahun sebelumnya, biasanya jemaah yang bermukim merupakan keluarga. Hal ini agar beribadah menjemput lailatul qadar bisa lebih khusyuk.

"Jadi kalau sama keluarga lebih bisa berkonsentrasi, khusyuk enggak jauh dari keluarga. Mereka dari berbagai daerah Bandung, Jakarta, Jabar, luar provinsi. Kemarin ada yang dari Makassar, Batam, pernah Malaysia ada," ungkap dia.

"Kalau jemaah yang mau langsung datang, enggak mendirikan tenda tidak perlu daftar," Satya menambahkan.


Ia menuturkan tenda-tenda akan mulai dipasang jemaah pada Sabtu (25/5/2019). Berbagai pelayanan dan fasilitas dipersiapkan panitia untuk kelancaran beribadah para jemaah.

"Kita fasilitasi makan sahur, buka puasa melayani jemaah. Tapi ada bazar juga makanan halaman belakang. Kerja sama dengan laundry juga, kalau mau cuci baju," tutur dia.

Berdasarkan pengamatan detikcom, kavling-kavling berupa tanda menggunakan lakban terlihat di pelataran Masjid Habiburrahman. Belum terlihat ada tenda yang berdiri hingga sore ini.
(bbn/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed