DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 15:04 WIB

40 'Baywatch' Siap Amankan Wisatawan Pangandaran Saat Libur Lebaran

Andi Nurroni - detikNews
40 Baywatch Siap Amankan Wisatawan Pangandaran Saat Libur Lebaran Penjaga Pantai Pangandaran Bersiap Jelang Libur Lebaran. (Foto: Istimewa)
Pangandaran - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mulai melakukan persiapan menyambut libur Lebaran 2019. Tingginya arus kunjungan setiap libur lebaran selalu memicu meningkatnya kecelakaan laut, orang tenggelam, kehilangan barang hingga anak terpisah dari orangtua.

Sekretaris Balawista Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan persiapan yang dilakukan meliputi pemeriksaan dan pengadaan rambu-rambu keselamatan, peralatan penyelamatan serta kebutuhan obat-obatan.

"Kita akan terus berusaha menekan angka kecelakaan dan risiko-risiko lainnya yang dihadapi wisatawan saat berlibur di pantai," ujar Asep kepada detikcom, Jumat (24/5/2019).


Pada libur Lebaran tahun ini, kata Asep, Balawista Pangandaran menurunkan 40 penjaga pantai yang bekerja bergantian. Dari jumlah tersebut, hanya tiga yang ditempatkan di Pantai Batukaras, sementara sisanya di Pantai Pangandaran.

Asep mengatakan pada libur Lebaran tahun lalu setidaknya terjadi 26 kasus kecelakaan laut yang dialami wisatawan. Hampir semua, adalah kecelakaan wisatawan saat sedang berekreasi di air akibat berenang terlalu jauh atau berenang di luar zona aman.


Ada juga kasus kehilangan barang yang dilaporkan sebanyak 40 kejadian. Sedangkan kasus anak terpisah dari orangtua mencapai 20 kejadian.

"Kami mengimbau, pengunjung menghindari membawa barang berharga saat beraktivitas di pantai seperti perhiasan, dompet dan ponsel," ujar Asep.
40 <i>'Baywatch'<i/> Siap Amankan Wisatawan Pangandaran Saat Libur LebaranFoto: Istimewa
Asep pun meminta para orangtua untuk mengawasi anak-anak dalam rombongan untuk menghindari terpisahnya anak dengan orangtua. Di Kabupaten Pangandaran, menurut Asep, Pantai Pangandaran dan Pantai Batukaras merupakan pantai dengan zona berenang paling aman. Sementara pantai-pantai lain seperti Pantai Karapyak dan Pantai Madasari hanya sebagian kecil saja yang bisa direnangi.

Asep merekomendasikan, waktu terbaik untuk berenang adalah pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut, kata dia, cuaca sangat mendukung untuk rekreasi air.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed