DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 13:12 WIB

Antisipasi Jalur One Way, Polres Cimahi Arahkan Kendaraan ke Cianjur

Yudha Maulana - detikNews
Antisipasi Jalur One Way, Polres Cimahi Arahkan Kendaraan ke Cianjur Ilustrasi polisi atur lalu lintas. (Foto: Ari Saputra/deikcom)
Cimahi - Polres Cimahi membuat skema antisipasi jalur satu arah (one way) bagi pemudik yang hendak menuju Jakarta pada arus mudik Lebaran 2019. Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan kendaraan yang hendak ke ibu kota akan diarahkan ke arah Cianjur via Cipatat.

Hal itu, sesuai petunjuk Ditlantas Polda Jabar, menurut Suharto, dilakukan apabila ada kepadatan arus lalu lintas di dalam tol yang mengarah ke Jakarta. "Kami akan lakukan antisipasi jika terjadi kepadatan di dalam tol imbas penutupan, kami akan melakukan pengalihan arus ke arah Cipatat-Cianjur," kata Suharto, Jumat (24/5/2019).


Suharto menjelaskan untuk arus lalu lintas yang datang dari Purbaleunyi (Cileunyi ke Purwakarta), setiba di Purwakarta akan dikeluarkan di jalur arteri. "Nanti jalur di sana akan dipersiapkan oleh Purwakarta dan Karawang," ucapnya.

Sebelumnya, wacana satu jalur dari arah Cikarang Utama, Jakarta menuju Palimanan, Cirebon, ditetapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di jalur mudi menuju ke timur. Rencananya, sistem ini diterapkan pada 30 Mei hingga 2 Juni, sementara untuk arus balik akan dimulai pada 8-9 Juni.

Kemenhub juga sudah menyiapkan lokasi penerapan contraflow saat one way diberlakukan. Rencana pertama contraflow diberlakukan di jalur Pantura.




Simak Juga 'Waspada! Ada Titik Rawan Erupsi di Jalur Mudik Anda':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed