DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 18:25 WIB

Habib Bahar: Saya Belum Pernah Nemuin Hakim Seperti Ini

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Habib Bahar: Saya Belum Pernah Nemuin Hakim Seperti Ini Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Habib bin Bahar sempat memuji Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad dalam persidangan dugaan penganiayaan terhadap Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki.

Momen itu terjadi saat sidang dalam agenda pemeriksaan Bahar sebagai terdakwa yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Kamis (23/5/2019). Saat itu, Edison menanyakan sikap penyesalan Bahar usai menganiaya dua remaja.


Sebelum memuji, Bahar dan Edison sempat berdebat. Hal itu lantaran Bahar menjawab dengan kalimat 'Wallahualam' saat ditanya menyesal atau tidak usai menganiaya. Hakim menginginkan jawaban yang pasti.

"Wallahualam bahasa saya juga, saya juga tahu artinya. Islam itu bukan hanya saudara saja. Saya ingin jawaban yang pasti. Jawab yang jujur, menyesal atau tidak?," tanya Edison.

"Atas penganiayaan dan pemukulan, iya (menyesal)," jawab Bahar.

"Dari hati enggak?," tanya Edison lagi.

"Insyaallah dari hati," kata Bahar.


Edison kembali mempertanyakan keseriusan Bahar dalam penyesalannya. Sebab, Bahar belum menjawab dengan pasti atas penyesalan itu.

"Harus yang jelas dan jujur," kata Edison.

"Yang mulia, Wallahualam hanya Allah yang mengetahui apa yang ada di balik dada. Tapi kita bisa melihat itu mencerminkan apa-apa yang di dalam. Panggilan pertama saya datang dan mengakui perbuatan," kata Bahar.

"Ya sekarang ditegaskan saja," kata Edison.


Kali ini jawaban Bahar justru memuji hakim. Bahar menilai sosok Edison sebagai ketua majelis hakim.

"Yang mulia bisa menilai saya. Saya yakin yang mulia pintar. Saya belum pernah nemuin hakim seperti ini. Saya lihat yang mulia orang yang... Saya enggak bisa memuji, tapi saya yakin yang mulia adil. Makanya saya yakin yang mulia tahu saya seperti apa," jawab Bahar disambut tertawa hadirin sidang.

"Tapi kan saya enggak bisa menulis wajah saudara seperti apa. Ini kan penting. Karena nanti dalam pertimbangan insyaallah masuk," ucap Edison.


Habib Bahar Ingin Mediasi, Keluarga Korban Sebut 'Wani Piro':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed