DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 15:14 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Bus di Bandung Diprediksi Naik

Mochamad Solehudin - detikNews
Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Bus di Bandung Diprediksi Naik Terminal Leuwipanjang. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang sebesar 5 persen pada arus mudik lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan pada lebaran tahun lalu ada 190 ribu pemudik yang berangkat dari Terminal Leuwipanjang. Tahun ini jumlahnya diperkirakan bertambah menjadi 207 ribu pemudik atau naik 5 persen.


Kenaikan jumlah pemudik juga diprediksi terjadi di Terminal Cicaheum. Tahun ini pihaknya memprediksi akan ada 49 ribu pemudik yang berangkat dari terminal tersebut. Jumlah itu diperkirakan naik dibandingkan tahun lalu sebesar 46.892 pemudik.

"Tahun ini memang kita prediksi ada kenaikan jumlah pemudik d Terminal Cicaheum 5 persen dan Leuwipanjang juga 5 persen," kata Asep di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (23/5/2019).

Menurut Asep, ada beberapa faktor yang membuat jumlah pemudik meningkat di dua terminal tersebut. Salah satunya karena harga tiket pesawat yang cukup mahal menyebabkan banyak pemudik yang memilih menggunakan bus.

"Selain itu tiket pesawat lagi mahal, tiket kereta juga sudah habis. Jadi kita prediksi ada kenaikan (pemudik menggunakan bus)," ucapnya.


Dia menambahkan, para pemudik diprediski akan mulai memadati Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang mulai H-7. Sementara puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran.

Sementara itu Kepala Seksi Manajemen Angkutan Dishub Bandung Iya Sunarya menambahkan, ada ratusan bus yang disiapkan untuk mengangkut para pemudik ke kampung halamannya. Para pengusaha bus sudah menyiapkan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan arus mudik tahun ini.

"Jumlah di Leuwipanjang ada 641 kendaraan (bus) dan di Terminal Cicaheum ada 203 kendaraan," ucapnya.


Simak juga video 'Menhub Senang Semua Maskapai Turunkan Tarif 15%'

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed